Custom Search

Kejagung: Susno Keluar Tahanan Demi Hukum

BEKASI-JAKARTA

Mulai esok Susno Duadji tidak lagi tinggal dalam rumah tahanan sebab masa penahanannya resmi berakhir pukul pukul 24.00 WIB nanti. Kejaksaan Agung menilai, dikeluarkannya mantan Kabareskrim Mabes Polri itu juga demi hukum.

"Dia lepas demi hukum sehingga proses persidangannya nanti dia akan diambil bukan dari rutan, tapi dari tempat di mana dia tinggal," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Noor Rachmad, di Kantor Kejagung, Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta, Kamis (17/2/2011).

Noor Rachmad menjelaskan, penahanan terhadap Susno ada batas waktunya. Susno sejauh ini telah melewati masa tahanan selama 30 hari kemudian diperpanjang lagi selama 60 hari yang dimintakan ke Pengadilan Tinggi juga sudah habis.

"Artinya kewenangan hakim pada tahap persidangan sudah habis. Maka sampai hari ini pukul 24.00 tanggal 17 Februari dia harus keluar demi hukum, tidak ada kewenangan lagi untuk menahannya," ujarnya.

Menurutnya, sudah tidak ada lagi upaya lain untuk memperpanjang masa penahanan selama proses pengadilan berlangsung. Setelah ada putusan dari pengadilan, baru Susno harus ditahan lagi jika ada perintah untuk penahanan.

"Upaya lain tidak ada lagi, nanti setelah ada putusan kalau dinyatakan bersalah. Kalau ada perintah untuk menahan ya dimasukkan kembali," imbuh Noor.

Dia menjelaskan, Susno menghadapi dua berkas perkara, yakni perkara Pilkada Jabar dan PT Salmah Arowana Lestari. Pilkada Jabar menghadirkan saksi 90 orang. Sementara perkara PT SAL saksinya 64 orang.

"Khusus perkara Pilkada Jabar sebagian besar saksinya adalah polisi. Nah polisi sebagian besar sudah pindah kerja (mutasi) ke tempat lain, bahkan ada Kapolres dari Papua yang 6 kali dipanggil menjadi saksi tidak bisa hadir. Itu kondisi riil yang ada di persidangan," paparnya.

Adapun Susno, menurut Noor juga telah mangkir dari sidang sebanyak 5 kali. Sehingga wajar jika habis masa penahanannya. "Kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa. Karena banyaknya saksi persidangan jadi sering tertunda," tutupnya.
.detiknews



RELATED POST :


LIFE STYLE TOPIC :

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search