Custom Search

Tips Membeli Suku Cadang Kendaraan Bermotor

The image “http://www.kompas.com/data/photo/2008/04/18/065421p.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.

BEKASI-JAKARTA. MEMBELI suku cadang adalah hal yang lazim dilakukan oleh para pemilik kendaraan bermotor. Selain untuk mengganti komponen yang sudah tidak layak pakai agar kerja mesin kembali sempurna, kegiatan ini dilakukan pula untuk memodifikasi kendaraan agar tampilan dan performanya menjadi lebih oke.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, penggunaan suku cadang asli dari produsen kendaraan bermotor tentu sangat dianjurkan. Namun, tidak semua komponen dibuat oleh produsen kendaraan tersebut, ada beberapa komponen lain yang diproduksi secara independen oleh beberapa perusahaan pembuat suku
cadang.

Karena itulah prinsip kehati-hatian harus tetap dijaga, jangan sampai komponen yang Anda beli malah membuat kondisi mesin menjadi makin tidak karuan. Sebagai catatan, bila Anda hendak membeli suku cadang hanya untuk memodifikasi kendaraan, ada baiknya setelah masa garansi motor atau mobil habis. Dalam beberapa perjanjian garansi, ada klausul yang menyebutkan bahwa garansi akan "hangus" jika kendaraan dimodifikasi. Anda tentu tak ingin garansi hilang begitu saja bukan?

Tanyakan pada mereka yang lebih berpengalaman untuk mengetahui merek-merek suku cadang apa saja dikenal bagus sebelum mulai membeli. Anda juga bisa mencari di internet perihal suku cadang mana yang pas untuk kendaraan. Jangan lupa tanyakan keunggulan dan kelemahan dari masing-masing merek tersebut.

Pastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk membeli suku cadang tersebut. Jika kocek tidak mencukupi, jangan memilih suku cadang yang Anda tidak tahu persis bagaimana kualitasnya. Akan lebih baik jika membawa serta teman atau mekanik agar komponen yang akan dibeli nanti benar-benar cocok dipasang pada kendaraan.

Terakhir, tak ada salahnya untuk bertanya apakah ada jaminan atau garansi atas suku cadang yang dibeli. Garansi ini tentu akan memberi kenyamanan dalam diri Anda. Demikian pula untuk memasang suku cadang tadi di bengkel yang memiliki reputasi yang baik

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search