Custom Search

Samsung C6625 Valencia: PDA komplit Ber-keypad QWERTY

BEKASI-JAKARTA

http://www.kompas.com/data/photo/2009/10/09/1534316p.jpg

Sebetulnya Valencia alias Samsung C6625.masih termasuk anggota keluarga BlackJack yang berciri khas keyboard Qwerty. Yang satu ini terasa beda mungkin karena bodinya yang "lebih kotak" dan jauh lebih lebar. Bandingkan dengan SGH-i780, misalnya, yang terlihat lebih fashionist dan lebih ramping.

Valencia juga memakai warna kombinasi separuh hitam separuh perak; dibanding para pendahulunya yang terlihat solid dengan warna bodi seluruhnya hitam. Casing terbuat dari bahan plastik. Ini membuat bobotnya ringan. Namun juga membuatnya gampang lecet tergores sehingga akhirnya terkesan murah meriah.

Layarnya bukan layar sentuh; jadi kita tak bisa pakai stylus. Home screen terlihat berbeda karena ada semacam pita tab di sisi kiri layar. Ini kira-kira mirip dengan pita widget di Samsung Omnia. Tab yang Sinyal lihat adalah Home, Contacts, Music, Photo dan Shortcuts. Sinyal tidak berhasil menemukan cara untuk mengganti tab tersebut. Yang bisa diubah hanya pintasan yang ada dalam Shortcuts.

Untuk pindah antar tab, kita harus pencet dulu tombol Home, lalu gunakan navigasi atas-bawah untuk memilih tab. Nah, untuk masuk ke ikon yang ada dalam tab tersebut, pencet navigasi kanan untuk masuk ke tab, selanjutnya kita bebas gunakan navigasi sesuai arah yang dituju.

Sisi bawah layar ditempati tombol call, end call di ujung kiri-kanan; menu kiri-kanan berpasangan dengan home (gambar rumah) dan c (dari clear); serta navigasi 4-arah plus tengah. Navigasi ini tak dibebani tugas sebagai pintasan.

Keyboard Qwerty terdiri dari 4 baris. Kami melihat beberapa tombol pintas di baris paling bawah; antara lain Internet Explorer (gambar bola dunia), Windows Media (nada), Messaging (amplop), dan Camera (kamera).

Untuk menyalakan-mematikan peranti, ada tombol on-off di ujung kiri sisi atas bodi. Lubang tali gantungan di siku kanan.

Sistem Operasi
Karena layarnya bukan layar sentuh, tak heran bila Valencia hanya memakai Windows Mobile 6.1 Standard. Sistem operasi ini didukung banyak aplikasi pihak ketiga sehingga mudah saja untuk menambahkan aplikasi lain yang kita inginkan, baik untuk pendukung kerja maupun sekadar bersenang-senang.

Di antara ekstra aplikasi, kami melihat ada Midomi untuk Music Recognition. Lalu ada pula Facebook, ShoZu dan BeejiveIM.

Samsung juga mengatakan bahwa Valencia mendukung Java MIDP 2.0. Jadi kita juga bisa memanfaatkan aplikasi berbasis Java.

Yang menarik dicatat adalah Email Wizard. Ini menyiapkan langkah cepat untuk menyetel account gratisan, termasuk Gmail dan Yahoo. Windows Mobile 6.1 tentu saja sudah mendukung SMS thread yang tampilannya mirip chatting itu. Tambahan menarik yang dimasukkan Samsung adalah Message Ticker. Jika diaktifkan, akan muncul semacam ticker di home screen ketika ada SMS yang masuk.

Valencia menyediakan FM Radio yang dilengkapi RDS. Sayang, karena unit yang kami terima tak disertai headset, maka kami tak bisa bercerita lebih banyak mengenai fasilitas ini.

Kualitas suara yang dihasilkan speaker tergolong standar. Sinyal tak melihat adanya Equalizer. Tombol volume 2-arah ada di kiri bodi.

Peranti pintar ini juga dilengkapi GPS berbasis A-GPS. Namun sepanjang pengamatan kami, tak ada aplikasi peta yang disertakan Samsung untuknya.

Kamera
Samsung menyiapkan lensa beresolusi 2MP sebagai kamera utama; ditempatkan di belakang bodi. Ada cermin mini menemani di kanan lensa. Tombol kamera ada di deretan bawah keyboard. Selain dari menu, perpindahan antara moda Camera dan Camcorder bisa dilakukan dari tombol pintas yang telah disetel di Shortcuts.

Setting yang disiapkan Samsung untuk Camera lumayan lengkap; ada Shooting Mode (Single shot, Multi Shot, Mosaic Shot, Funny Mask, Smile Detection), Size (1600x1200, 1280x1024, 640x480, 320x240), White Balance, Effect (No Effect, Black & White, Sepia, Negative) dan Night mode. Sedangkan pada Camcorder ada Recording Mode (Limit for MMS, Normal), Size (320x240, 176x144), White Balance, dan Effect.

Serta setting ekstra seperti Quality (Super Fine, Fine, Normal, Economy), Sound Shutter (Shutter 1-3, Off), Sound Zoom dan Sound Brightness untuk Camera. Dan Quality (Fine, Normal, Economy), Audio, Sound Start dan Sound Stop untuk Camcorder.

Kita juga bisa pakai keyboard untuk penyetelan cepat. Antara lain tombol 1 untuk Camera <-> Camcorder, 2 untuk Shooting/Recording Mod, 3 untuk Size, 4 untuk White Balance, 5 untuk Effect, 6 untuk Night Shot (Camera) dan 7 untuk Settings. Navigasi atas dipakai untuk Viewfinder Mode, bawah untuk Timer, serta kiri-kanan untuk EV.

Valencia sebetulnya punya kamera sekunder; letaknya di kiri atas layar. Tapi ini hanya dipakai untuk video call. Kamera utama juga berfungsi saat video call, tapi hanya untuk video streaming.

Kapasitas dan Konektivitas
Slot MicroSD ada di kiri bodi, kira-kira sejajar bawah layar. Ada penutup slot. Sedangkan port headset (sekaligus kabel data) ada di ujung atas kanan bodi.

Slot SIM tak tersembunyi di balik batere. Tapi mulut slot tetap terganjal batere sehingga tak bisa sembarang cabut-pasang SIM card.

Valencia punya fasilitas 3.5G. Tergantung kondisi jaringan provider seluler, seharusnya kita dapat menikmati internet kecepatan tinggi. Peranti ini dapat pula dijadikan modem.

Yang kami sayangkan dari Valencia adalah tidak adanya WiFi. Jadi tak ada alternatif untuk terkoneksi ke internet.

DENGAN KATA LAIN...
Alternatif peranti pintar ber-keyboard bagi yang doyan ber-Facebook ala BB.

sumber: Sinyal


PLUS : Keyboard Qwerty, akses ke menu cepat, fitu lengkap.

MINUS : Tak ada WiFi, tanpa layar sentuh.

SPESIFIKASI: Samsung C6625 Valencia
Harga : Di bawah Rp 3 juta
Jaringan : GSM 900/1800/1900 MHz
Bentuk : Bar
Dimensi : 114x64x12 mm
Bobot : 108 gram
Batere : Li-ion 3,7V 1300mAh
Waktu siaga : rata-rata 3 hari
Waktu bicara : rata-rata 4 jam
Layar : 2,6 inci, TFT, 320x240 pixel, 262 ribu warna
Sistem operasi : Windows Mobile 6.1 Standard
Memori internal :
Memori tambahan : MicroSD
Konektivitas antar peranti : Kabel data, Bluetooth
Konektivitas internet : GPRS/EDGE/HSDPA
Kamera : 2MP; cermin
Aplikasi : D-Day, World Map, Podcast, RSS Reader, Streaming Player, Camera, Windows Media, Office Mobile, Adobe Flash Lite, Smart Converter, StopWatch, Games, Message Ticker, Adobe Reader LE, BeejiveIM, Facebook, FM Radio, Midomi, My Mobiler, ShoZu, Team manager, Java MIDP 2.0
Isi paket : Charger, kabel data, headset, manual


0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search