Custom Search

‘BlackBerry’ Lokal Menguntungkan RIM

BEKASI-JAKARTA

http://d.yimg.com/hb/xp/viva/20091015/05/2643815370-blackberry-lokal-menguntungkan-rim.jpg?x=360&y=270&sig=f.lMhoRGdQ6iHW1nCvu32w--

Produk ponsel dengan ‘cita rasa’ serupa BlackBerry membanjiri pasar di tanah air. Ramainya vendor-vendor yang merilis produk tersebut menunjukkan tingginya minat pengguna yang haus akan BlackBerry ‘murah’.

Meski demikian, pihak RIM mengaku tidak khawatir sama sekali dengan keberadan ponsel ‘BlackBerry’ lokal tersebut. Pasalnya, ‘BlackBerry’ yang memiliki harga relatif murah tersebut dianggap sebagai investasi yang tidak terlihat bagi Rim. Bahkan bermodal 0 rupiah.

“Itu berarti, ponsel-ponsel China yang menyerupai desain BlackBerry akan menjadi entry-barrier untuk nantinya menjadi pengguna BlackBerry resmi,” kata Handono Warih, BlackBerry and 3G Broadband Manager, Enterprise and Carrier XL pada VIVAnews di sela peluncuran BlackBerry Gemini XL, di Jakarta, Rabu 14 Oktober 2009.

“Apalagi sekarang ini, range harga BlackBerry dan ‘BlackBerry’ lokal sudah sangat dekat,” ucap Warih.

Warih menyebutkan, kalau diamati, mereka, para pengguna ‘BlackBerry’ lokal rata-rata baru menyukai mobile internet, gemar Facebook dan social media lainnya. Nanti, ucap Warih, kalau mereka sudah mengerti dan merasa kurang puas dengan kemampuan ponsel tersebut, mereka akan beralih ke BlackBerry asli, tentu ditunjang dengan meningkatnya status ekonomi mereka.

“BlackBerry kan memiliki segmen mid-hi end. Saya kira, kalau mereka sudah berduit, mereka akan berusaha membeli BlackBerry yang asli, karena lebih prestisius juga. Di sini lah return of investment (ROI) yang didapat RIM,” kata Warih. “Masa mau pake produk China lama-lama, kan malu juga,” ucapnya.

Menurut Warih, produsen yang mungkin akan terkena imbas smartphone lokal justru adalah vendor seperti Nokia karena kini banyak ponsel-ponsel 'Nokia E Series' terjangkau. “ Mereka membanderol seri E-nya dengan harga rendah, tetapi masih juga digasak oleh vendor-vendor ponsel lokal,” ucap Warih.(VIVAnews)


0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search