Custom Search

Gayus Halomoan Tambunan: John Agen CIA dan Dikenal Satgas

BEKASI-JAKARTA

Terpidana kasus korupsi pajak, Gayus Halomoan Tambunan, menyampaikan hal yang mengejutkan. Ia mengatakan bahwa John Jerome Grice, warga negara asing yang diduga sebagai aktor di balik pembuatan paspor palsunya atas nama Sony Laksono, merupakan agen CIA. Tak hanya itu, Gayus juga menyebutkan, segala aksi John diketahui dan direstui oleh salah seorang anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum.

"Berdasarkan cerita John Grice ke saya, John Grice adalah agen CIA dan semua kegiatannya diketahui dan direstui oleh salah seorang anggota satgas," ucap Gayus seusai mendengarkan vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (19/1/2011).

Gayus tak menyebut siapa anggota Satgas yang dimaksud. Dia juga tidak menjelaskan bagaimana kronologis keluarnya paspor serta perihal kepergiannya ke Singapura, Malaysia, dan Makau selama keluar dari rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

John Jerome Grice adalah warga negara asing yang diduga kuat sebagai auktor intelektual kasus pembuatan paspor palsu dengan nama Sony Laksono yang digunakan Gayus untuk bepergian ke sejumlah negara. Senin lalu, Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Boy Rafli Amar mengatakan, hasil penelusuran menyebutkan, John tercatat sebagai warga negara Amerika Serikat.

Seperti diberitakan, John kini masuk dalam daftar buronan Polri. Menurut Polri, berdasarkan keterangan saksi-saksi, John yang menerima uang 100.000 dollar AS dari Gayus. John telah keluar dari Indonesia pada Juli 2010 dan kini diperkirakan berada di salah satu negara di Asia dengan paspor asli. Dalam paspor, pria berkulit gelap itu tercatat lahir di California, Amerika Serikat, 16 Mei 1970.

Seperti diberitakan, Polri telah menahan A, salah satu anggota sindikat pemalsuan paspor. Polri telah melepaskan J, salah satu saksi yang diamankan pekan lalu. Menurut Boy, penyidik tidak memiliki bukti kuat untuk menetapkan J sebagai tersangka, apalagi menahannya. Selain A, Polri juga telah menjerat Gayus terkait dengan kasus itu.

• KOMPAS



RELATED POST :


LIFE STYLE TOPIC :

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search