Custom Search

Dua Petinggi PSSI Terlibat Suap Bangkalan

BEKASI-JAKARTA

Manajer Perseba Bangkalan, Imron Abdul Fatah, mengungkapkan, pihaknya telah memberikan uang suap sebesar Rp 150 juta kepada Ketua Badan Liga Amatir Indonesia Iwan Budianto pada Piala Suratin 2009. Imron mengungkapkan, mantan Ketua Umum Pengurus Provinsi PSSI Jawa Timur Haruna Soemitro terlibat dalam kasus suap ini.

"Total dana yang kami berikan adalah Rp 150 juta. Kami memiliki faktanya," ucap Imron saat dihubungi wartawan, Jumat (11/2/2011).

Imron mengatakan, dana tersebut untuk memuluskan gagasan klubnya menjadi tuan rumah final babak delapan besar Grup E Piala Suratin di Bangkalan. Gagasan tersebut, menurut Imron, mendapatkan respons dari rekan Iwan, Haruna Soemitro, yang saat itu masih menjabat sebagai Ketua Umum Pengprov PSSI Jatim.

"Permintaan itu dikabulkan Iwan. Namun, Perseba harus membayarkan sejumlah dana kepada dia. Akhirnya, kami memberikan dana tersebut dan kami menjadi juara," ujar Imron.

Dana tersebut, kata Imron, ditransfer sebanyak tiga kali. "Transfer pertama sebesar Rp 50 juta pada 6 November 2010 dan transfer ketiga sebesar Rp 75 juta masuk ke rekening Haruna. Total Rp 125 juta masuk ke rekening Haruna. Sementara transfer kedua senilai Rp 25 juta langsung masuk ke rekening Iwan," tutur Imron.

Lebih lanjut, Imron mengungkapkan, dirinya mengungkap kasus suap semata-mata ingin kebobrokan di PSSI terkuak. "Saya tak peduli lagi. Kasus ini penting saya ungkapkan demi kemajuan sepak bola pada masa depan," katanya.

Sebelumnya Iwan menampik dana tersebut adalah suap. "Waktu itu, saya sedang tidak punya uang sama sekali untuk membayar fasilitas bus untuk tim Piala Asia U-19 di Bandung. Saat itulah, ada temannya Imron yang menjembatani untuk mendapatkan pinjaman. Saat itu saya meminjam Rp 50 juta, tetapi tidak semua milik Imron. Sebanyak Rp 25 juta lainnya milik teman saya," ucap Iwan saat ditemui wartawan di kantornya beberapa pekan lalu.
• KOMPAS



RELATED POST :


LIFE STYLE TOPIC :

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search