Custom Search

Timur Pradopo Juga Dicecar Soal Susno Duadji

BEKASI-JAKARTA

Anggota Komisi Hukum dari Fraksi PPP Ahmad Yani akan menanyakan kasus yang pernah diungkap mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komisaris Jenderal Susno Duadji kepada calon Kapolri, Komisaris Jenderal Timur Pradopo saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan.

"Isu yang dibuka Susno Duadji," kata Ahmad Yani sebelum uji kepatutan dan kelayakan digelar di DPR, Jakarta, Kamis 14 Oktober 2010.

Menurut Ahmad Yani, bagaimana sikap Timur terhadap kasus-kasus yang sudah diungkap Susno Duadji. Seperti misalnya, kasus mafia arwana di Pekanbaru dan kasus mafia pajak Gayus Tambunan. Dua kasus yang melibatkan penyidik Polri.

Ahmad Yani juga mempertanyakan kejelasan tim penyidik independen bentukan Kapolri yang pernah mengusut Susno. Sebagaimana diketahui, Ketua Tim Independen yang menangani kasus-kasus Susno saat itu adalah Inspektur Jenderal Polisi Mathius Salempang.

Mathius sendiri pernah bergabung dalam tim pemeriksa pemeriksaan kasus arwana PT Salmah Arwana Lestari yang diungkap Susno. Saat mengungkap kasus Arwana, Mathius menjabat sebagai Wakil Direktur I Bareskrim. Maka itu, Susno sempat mempertanyakan independensi tim bentukan Kapolri yang menyidik dirinya itu.

Tim penyidik independen yang sudah dibubarkan dan kembali ke kesatuannya masing-masing itu perlu ditindaklanjuti. "Karena sampai saat ini stagnan," kata Ahmad Yani.

Selain kasus Susno Duadji, anggota Komisi III juga akan mencecar Timur soal dugaan pelanggaran HAM. Karena saat kerusuhan Semanggi I dan II, Timur Pradopo menjabat Kapolres Jakarta Barat.
• VIVAnews



RELATED POST :


LIFE STYLE TOPIC :

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search