Custom Search

Ini 8 Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang Lolos Seleksi

BEKASI-JAKARTA

Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi akhirnya mengumumkan delapan nama calon yang lolos seleksi wawancara di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (18/8/2011).

Nama-nama ini diurutkan berdasarkan perolehan nilai tertinggi. Berikut ini adalah nama para calon pimpinan KPK yang lolos:

1. Bambang Widjojanto
2. Yunus Husein
3. Abdulah Hehamahuwa
4. Handoyo Sudrajat
5. Abraham Samad
6. Zulkarnaen
7. Adnan Pandu Praja
8. Aryanto Sutadi



"Ranking ini dibuat pansel. Ini penjaga moral proses politik di DPR," kata anggota Pansel Saldi Isra.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kata Saldi, memberikan apresiasi besar terkait sistem ranking ini.

Presiden berpandangan, empat nama teratas memang memiliki kredibilitas dan dikenal masyarakat. Pansel menjelaskan, kedelapan calon diseleksi berdasarkan empat persyaratan pokok, yaitu integritas, kepemimpinan, kompetensi, dan independensi.

Dua nama yang tidak lolos seleksi adalah akademisi Sayid Fadhil dan pejabat di Mahkamah Agung Egi Sutjiati.

Sebelumnya, Selasa (16/8/2011), Koalisi Masyarakat Sipil, yang terdiri dari Indonesia Corruption Watch (ICW), Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (Mappi), Transparancy International Indonesia (TII), memberi catatan kritis terhadap Aryanto Sutadi dan Sayid Fadhil. Keduanya dinilai memiliki rekam jejak yang buruk sehingga dianggap tidak pantas lolos seleksi (baca: Dua Calon Pimpinan KPK Ini Bermasalah).

Menanggapi hal ini, Ketua Panitia Seleksi yang juga Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar meminta masyarakat untuk tidak begitu saja percaya pada informasi-informasi negatif yang beredar terhadap sejumlah calon pimpinan KPK.

Ia meyakinkan, Pansel telah melakukan klarifikasi terhadap seluruh informasi, baik informasi negatif maupun positif. Ia menegaskan, pansel sudah memperoleh klarifikasi lisan dan tertulis dari berbagai pihak mengenai tuduhan terhadap Aryanto.

Oleh karena itu, tegas Patrialis, kualitas Aryanto tak perlu diragukan."Sudah diklarifikasi semua. Tak hanya lisan dari yang bersangkutan. Tapi juga tertulis dari pihak kepolisian,"ungkapnya.

(KOMPAS)


RELATED POST :



0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search