Custom Search

Saingan WikiLeaks Diluncurkan Hari Ini

BEKASI-JAKARTA

OpenLeaks, yang akan menjadi saingan WikiLeaks dalam membocorkan rahasia resmi, direncanakan akan diluncurkan pada Senin (13/12/2010) ini. Para pendirinya merupakan mantan orang-orang WikiLeaks yang menilai pendiri WikiLeaks, Julian Assange, telah melemahkan organisasi itu.

Para pendiri Openleaks.org mengatakan, mereka merupakan mantan anggota WikiLeaks yang tidak senang dengan cara WikiLeaks beroperasi di bawah pimpinan Assange. "(Cara Assange) telah melemahkan organisasi tersebut," kata salah satu pendiri OpenLeaks, Daniel Domscheit-Berg, dalam sebuah siaran film dokumenter yang ditayangkan pada Minggu malam di jaringan televisi Swedia, SVT. Dia mengatakan, "WikiLeaks telah menjadi terlalu terfokus pada satu orang, dan satu orang selalu jauh lebih lemah dari sebuah organisasi."

Dalam sebuah e-mail kepada CNN, Domscheit-Berg mengatakan, kelompok itu berharap dapat meluncurkan situs web baru mereka pada Senin ini.

Seperti WikiLeaks, yang memfasilitasi pengungkapan informasi rahasia secara anonim, OpenLeaks mengatakan, tujuannya adalah untuk membantu orang menyampaikan materi ke media massa dan organisasi lain tanpa harus diidentifikasi. Harian Swedia Dagens Nyheter, yang mengutip dokumen internal OpenLeaks, melaporkan bahwa situs web baru tersebut berniat untuk bertindak sebagai perantara tanpa sebuah agenda politik, kecuali penyebaran informasi kepada media, publik, lembaga nirlaba, organisasi perdagangan, serta serikat pekerja dan kelompok-kelompok partisipan lain.

Domscheit-Berg mengatakan, "WikiLeaks telah menempatkan semua yang kami miliki dalam pengungkapan tingkat tinggi ratusan ribu dokumen-dokumen rahasia AS selama lima bulan terakhir. Saya berpikir, hal yang paling bijaksana adalah melakukannya dengan perlahan-lahan, langkah demi langkah. Itu tidak terjadi," katanya dalam film dokumenter SVT itu.

Assange dan WikiLeaks telah menjadi fokus kecaman di seluruh dunia sejak rilis pertama mereka tentang dokumen rahasia AS pada Juli lalu. Sejak mulai mengungkapkan lebih dari 250.000 kabel diplomatik AS pada bulan November, situs web itu menerima serangan penolakan dari pengelola server, telah dikeluarkan dari server di Amerika Serikat dan Perancis, serta kehilangan banyak sumber pendapatan utama. Assange sendiri telah ditahan di penjara Inggris sejak Selasa lalu dan tengah berjuang untuk menghindari ekstradisi ke Swedia, yang ingin bertanya kepadanya tentang tuduhan kekerasan seksual. Assange membantah melakukan kesalahan dan para pendukungnya telah menyebut tuduhan itu sebagai upaya untuk menyerang balik dia dan organisasinya.

Namun, Domscheit-Berg berkata, "Jika Anda berkhotbah tentang transparansi bagi orang lain, Anda sendiri harus transparan bagi orang lain. Anda harus memenuhi standar yang sama yang Anda harapkan dari orang lain," katanya kepada SVT. "Dan saya berpikir, di situlah kami secara filosofis sudah tidak searah lagi."

Seorang mantan staf WikiLeaks yang lain, Herbert Snorreson, mengatakan, dia sudah menyampaikan ketidakpuasannya kepada Assange, tetapi pendiri WikiLeaks itu tidak mau mendengarkan. "Akhirnya itu berujung pada perdebatan saya dengan Julian tentang perilaku diktatornya, yang berakhir ketika Julian mengatakan kepada saya bahwa jika saya punya masalah dengan dia, saya bisa 'pergi'," kata Snorreson.

Juru bicara WikiLeaks, Kristinn Hrafnsson, tidak mau membahas perbedaan pendapat antara Assange dan para anggota lain dari organisasi itu. Namun, tentang peluncuran yang direncanakan kelompok saingannya itu, ia berkata, "Semakin banyak, semakin baik."

"Well, saya cenderung untuk tidak berbicara terlalu banyak tentang orang-orang, sejumlah orang telah memutuskan bahwa mereka tidak dengan WikiLeaks lagi," katanya kepada SVT. "Apa yang saya dengar adalah bahwa beberapa orang memikirkan untuk membuka situs web sendiri dengan cita-cita yang sama seperti WikiLeaks dan saya pikir itu merupakan ide yang bagus dan saya berharap yang terbaik buat mereka."

• KOMPAS



RELATED POST :


LIFE STYLE TOPIC :

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search