Custom Search

Pengkhianatan Adebayor Benamkan Arsenal

BEKASI-JAKARTA

http://www.kompas.com/data/photo/2009/09/12/2356222p.jpg

Penyerang Manchester City, Emmanuel Adebayor sukses "mengkhianati" mantan klubnya, Arsenal, saat kedua tim bertemu dalam lanjutan Premier League, Sabtu (12/9). Ia menyumbang satu gol yang ikut mengantar City menang 4-2 atas "The Gunners". Adebayor melengkapi aksi pengkhianatannya dengan menginjakkan kaki di wajah Robin van Persie.

Awalnya, City tampak canggung menghadapi permainan bola kaki ke kaki Arsenal. Selama sekitar sepuluh menit pertama, mereka terkurung di wilayah permainan sendiri dan tidak bisa melakukan apa-apa untuk keluar dari tekanan.

Meski tertekan, City berhasil mengkoordinasikan pertahanan dengan baik. Selain berhasil memotong alur umpan lawan, mereka juga cepat menutup ruang tembak Arsenal.

Memasuki menit ke-15, tekanan Arsenal berkurang. City pun mencoba mengimbangi kekuatan lawan dan memindahkan area permainan ke lini tengah. Dengan tenang dan pelan, mereka menekan pertahanan Arsenal, yang tampak kaget dengan pergerakan Shaun Wright-Phillips dan Micah Richards di sisi kanan.

Ketidaksiapan Arsenal harus dibayar mahal dengan bobolnya gawang Manuel Almunia di menit ke-20. Gol bermula dari umpan Garreth Barry yang disundul Richards ke sisi kiri atas gawang. Almunia berhasil menepis bola, namun bola membentur mistar gawang dan berbalik masuk ke gawang.

Keunggulan itu membuat City semakin percaya diri. Mereka lantas mencoba menguasai lini tengah dan terus melakukan tusukan melalui permainan sayap. Tanpa ampun, mereka terus merapatkan barisan mendikte permainan Arsenal.

"The Gunners" yang tak siap mengantisipasi serangan ini, terpaksa bertahan. Meski gagal membangun serangan, mereka bisa mencegah City menciptakan gol tambahan. Skor 1-0 untuk tuan rumah pun bertahan hingga akhir laga.

Memasuki babak kedua, Arsenal kembali mencoba mengambil alih kendali permainan. Setelah menunggu dengan sabar, Arsenal berhasil menyamakan kedudukan melalui Robin Van Persie. Memanfaatkan umpan Tomas Rosicky, Van Persie melesakkan bola ke sudut kanan bawah gawang City.

Gol itu mengembalikan kepercayaan diri Arsenal. Mereka pun kembali menaikkan tensi serangan. Dengan agresif, mereka kembali memaksa City merapatkan barisan belakang.
Meski tampaknya tertekan, City ternyata bisa memanfaatkan keadaan. Setelah beberapa saat tertekan, mereka berhasil merebut bola, membangun serangan balik, dan pada menit ke-74 berhasil kembali unggul setelah Craig Bellamy meneruskan umpan Richards ke sudut kanan atas gawang Arsenal.

Gol itu memang tak membuat Arsenal patah semangat. Namun, gol yang dicetak Adebayor di menit ke-80, betul-betul membuat Arsenal terhenyak.

Saat itu, setelah mengontrol umpan Wright-Phillips, Adebayor melepaskan tendangan ke sudut kanan bawah gawang Almunia. Tak cukup hanya itu, Adebayor kemudian berlari ke arah tribun pendukung Arsenal untuk merayakan golnya.

Tentu saja, provokasi itu disambut hangat oleh caci maki pendukung Arsenal. Wasit Mark Clattenburg pun menghadiahkan kartu kuning untuk Adebayor.

Aksi Adebayor tampaknya juga memancing emosi pemain Arsenal. Setelah gol itu, mereka mencoba memanfaatkan waktu tersisa untuk mengejar dua gol. Sayangnya, sebelum menciptakan gol kedua atau ketiga, gawang Arsenal kembali bobol pada menit ke-84.

Kali ini, gol City dicetak oleh Wright-Phillips. Setelah menerima umpan Bellamy, Wright-Phillips mengirim bola masuk ke sudut kiri bawah gawang Almunia. City pun unggul 4-1.

Dengan sisa waktu enam menit, nyaris mustahil bagi Arsenal untuk menghindari kekalahan. Meski begitu, mereka tak lantas menyerah. Mereka terus mencoba mencari celah untuk menciptakan gol kedua.

Setelah menunggu hingga menit ke-88, barulah Arsenal bisa memperpendek selisih melalui Rosicky. Setelah mendapat umpan dari Fabregas, ia melepaskan tendangan keras ke sudut kiri bawah gawang Shay Given. Angka di papan skor pun berubah menjadi 4-2, masih untuk City.

Dalam sisa waktu sekitar dua menit, Arsenal berhasil menekan City. Mereka juga mampu menciptakan sejumlah peluang. Sayang, usaha mereka kandas di tangan Given. Arsenal pun dipaksa menerima kekalahan 2-4 saat peluit berbunyi panjang.

Hasil ini membuat laju Arsenal tersendat di peringkat kedelapan dengan enam poin hasil dua kali menang dan dua kekalahan. Sementara itu, City naik ke peringkat ketiga dengan 12 poin.



0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search