Custom Search

Duo Amerika Raih Nobel Ekonomi 2009

BEKASI-JAKARTA

Dua akademisi Amerika Serikat (AS), Elinor Ostrom dan Oliver Williamson,meraih Nobel Ekonomi 2009.

Ostrom bahkan mencatat sejarah baru sebagai wanita pertama yang memenangi Nobel Ekonomi sejak diselenggarakan pertama pada 1968. Ostrom mengaku terkejut saat mendengar dirinya terpilih sebagai pemenang Nobel Ekonomi 2009. “Ini adalah kejutan besar. Saya masih tidak percaya,”ungkap Ostrom dalam sebuah teleconferencekemarin. Tahun ini Nobel Ekonomi merupakan yang terakhir diumumkan dibanding lima penghargaan yang lain.

Tidak seperti lainnya, Nobel Ekonomi baru dimunculkan pada 1968 oleh Bank Sentral Swiss demi mengenang Alfred Nobel.Seperti pemenang Nobel yang lain, Ostrom dan Williamson berhak atas hadiah USD1,4 juta. Williamson dan Ostrom memenangi Nobel Ekonomi 2009 atas penelitian mereka masing-masing terhadap pengelolaan ekonomi. Menurut Komite Nobel,penelitian Ostrom membuktikan bahwa pengelolaan sumber daya alam seperti hutan, danau, dan populasi ikan oleh komunitas lokal, lebih baik dilakukan oleh mereka sendiri daripada ada campur tangan pihak luar,termasuk birokrat.

“Birokrat kadang tidak memiliki informasi yang benar. Di lain pihak, penduduk lokal dan pekerja lahan sangat memahami apa yang dibutuhkan oleh kawasannya,” kata Ostrom. Sementara itu,Williamson mengembangkan teori bahwa bisnis berfungsi sebagai struktur untuk resolusi konflik.Akademisi di University of California ini mengajukan tawaran berupa organisasi hierarkis seperti yang mewakili struktur pemerintahan alternatif, yang berbeda dalam pendekatan terhadap penyelesaian konflik kepentingan.

“Penelitian yang dilakukan oleh Elinor Ostrom dan Oliver Williamson telah menguak sebuah fenomena baru, bahwa analisis ekonomi bisa menjelaskan sebagian besar organisasi sosial,”ujar salah satu juri Nobel. Elinor Ostrom lahir pada 7 Agustus 1933. Selain jabatan akademis sebagai profesor di Universitas Indiana, wanita mandiri ini juga dikenal sebagai pendiri sekaligus pimpinan Pusat Studi Keberagaman Institusional di Arizona State University.

Adapun Oliver Williamson lahir pada 27 September 1932. Dia merupakan penulis ekonomi terkemuka AS.Williamson menyandang gelar profesor dalam ilmu administrasi bisnis,ekonomi,dan hukum di University of California.Sebagai ilmuwan di bidang ekonomi, dia kerap meneliti serta rajin menulis jurnal dan artikel ekonomi. (AFP/BBC/CNN/Rtr/ anastasia ika)

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search