Custom Search

Chrysler Beli Pabrik Mesin

BEKASI-JAKARTA

Demi menjaga eksistensinya pasca kepailitan, Chrysler Group LLC yang saat ini ditopang Fiat SpA menyatakan telah membeli pabrik pembuatan mesin di Michigan. Pengambilalihan saham mayoritas dilakukan dari pemilik pabrik sebelumnya Mitsubishi Motors Corp. dan Hyundai Motor Co.

Pabrikan asal Negeri Paman Sam ini kini memiliki wewenang penuh terhadap Global Engine Manufacturing Alliance (GEMA) yang berlokasi di Dundee, terhitung efektif mulai 31 Agustus lalu, seperti dikutip Bloomberg. Pembicaraan finansial belum dibicarakan lebih lanjut. Kegiatan pabrik sebelumnya sempat memproduksi mesin empat silinder untuk Chrysler pada 2003 silam.

Nah, strategi bisnis ini akan mempermudah akses Chrysler untuk memproduksi mesin mobil Fiat. Saat ini, pabrikan asal Italia memiliki 20 persen saham di Auburn Hills dan akan bertambah 5 persen lagi dengan memproduksi mesin hemat energi di Amerika Serikat di bawah sokongan bantuan pailit pemerintah.

Chrysler mungkin saja akan memproduksi mesin empat silinder untuk Fiat, ujar Ed Kim, seroang analis AutoPasific di Tustin, California. Dia berpendapat, GEMA memang pabrik yang layak untuk dimiliki.

Tapi dengan hadirnya Fiat, justru akan membuat hubungan dengan GEMA sulit beranjut, khususnya setelah Chrsyler dan Fiat menggembar-gemborkan untuk memproduksi mesin berkapasitas kecil untuk Fiat.



0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search