Custom Search

Mega Sesalkan Elite PDI-P yang Ingin Masuk Kabinet SBY

BEKASI-JAKARTA

http://www.kompas.com/data/photo/2009/05/12/1151177p.jpg

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyayangkan keinginan segelintir elite PDI Perjuangan untuk menjadi menteri dalam kabinet SBY-Boediono. Hal itu dikatakan Mega melalui Wakil Sekjen PDI Perjuangan Agnita Singadikane, Selasa (13/10) malam. Mengutip Mega, Agnita mengungkapkan, mantan Presiden RI itu menekankan bahwa tujuan berpartai adalah memperjuangkan aspirasi rakyat.

"Bukan untuk kepentingan pribadi atau sesaat," kata Mega.

Mega juga meminta kepada 94 anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR untuk bersikap mandiri dalam menjalankan tugas kedewanan. Agnita sendiri berpendapat, keinginan sebagian kecil elite partai sangat bertolak belakang dengan suara arus bawah.

"Kami di bawah sangat solid karena semangat, dan partai memang dimiliki kader militan. Berbicara PDI Perjuangan tidak selalu digambarkan nafsu berkuasa dari segelintir pengurus partai. Kalau mau konsekuen, seharusnya yang ingin bergabung dalam kabinet hendaknya keluar dari PDI Perjuangan. Sebab, amanat Rakernas PDI Perjuangan lalu sudah memutuskan untuk memilih jalan oposisi," kata Agnita.

Menjelang pembentukan kabinet, tersiar kabar bahwa PDI Perjuangan akan mendapatkan beberapa kursi menteri. Hingga saat ini, elite PDI Perjuangan, seperti Sekjen Pramono Anung dan Ketua Deperpu Taufiq Kiemas, menyatakan bahwa pihaknya tidak akan meminta-minta kepada SBY. "Namun, kalau dikasih mau," kata Taufiq dalam beberapa kesempatan.

"PDI Perjuangan sendiri hingga saat ini belum memutuskan sikap politik partainya pascakekalahan Mega-Prabowo pada pemilihan presiden lalu. Sikap partai tersebut sesuai amanah Rakernas VI PDI Perjuangan, akan diputuskan oleh Megawati Soekarnoputri.•KOMPAS.com

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search