Custom Search

10 Tips Berkendara DFSL (Bagian VII HABIS)

BEKASI-JAKARTA

Perawatan Ban

Ban adalah bagian terpenting dari kendaran, karena komponen inilah yang langsung berhubungan dengan permukaan jalan. Nasib Anda saat berkendara sangat tergantung dari cengkraman ban dan seberapa banyak ban menapak di permukaan jalan. Oleh karena itu ban harus dirawat dan diperhatikan agar berfungsi optimal.

- Perikasalah kondisi ban secara rutin, baik tekanannya maupun kedalaman kembangannya (tread). Kondisi tapak ban bisa dideteksi keausannya dengan memperhatikan tonjolan pada alur telapak ban yang disebut TWI (Tread Wear Indicator).

Lokasi TWI ditandai dengan tanda 'TWI' atau simbol segi tiga pada dinding samping ban yang mendekati tapak ban.

- Periksa dan seting tekanan angin saat ban dalam keadaan dingin. Ban yang kurang angin menyebabkan ban lebih cepat aus, boros BBM dan mengganggu karakter kestabilan kendaraan. Gunakanlah alat khusus pengukur tekanan ban yang dapat dibeli di toko asesoris.

- Sesuaikan tekanan angin ban dengan rekomendasi pabrik. Umumnya berupa sticker (tyre plackard) yang ditempel pada kendaraan serta tertulis dalam buku panduan (manual book) kendaraan.

- Kurangnya tekanan angin dapat menyebabkan ban cepat rusak, boros BBM, mudah pecah sehingga membahayakan keselamatan. Sementara jika tekanannya berlebihan membuat ban mengalami keausan yang tidak merata serta tidak nyaman akibat terlalu keras.

- Saat membawa beban berat, tambahkan tekanan antara 2-3 psi dari kondisi normalnya.

10. BEBAN BERAT MEMPENGARUHI KONSUMSI

Tinggalkan barang-barang yang tidak diperlukan. Lepaskan 'roof rack' (bagasi tambahan di atas atap mobil) jika tidak digunakan. Jika roof rack digunakan dan dalam keadaan terpasang, kurangilah kecepatan.

Janganlah membawa beban melebihi kapasitas. Setiap penambahan beban 20kg, akan meningkatkan konsumsi sebesar 1% dibanding keadaan normal. Selain itu beban berat juga akan memperpanjang jarak pengereman. HABIS. (Cdx)

10 Tips Berkendara DFSL (Bagian VII HABIS)
10 Tips Berkendara DFSL (Bagian VI)
10 Tips Berkendara DFSL (Bagian V)
10 Tips Berkendara DFSL (Bagian IV)
10 Tips Berkendara DFSL (Bagian III)
10 Tips Berkendara DFSL (Bagian II)
10 Tips Berkendara DFSL (Bagian I)




0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search