Custom Search

Afham dari Keluarga Taat Beragama

BEKASI-JAKARTA

http://www.kompas.com/data/photo/2009/10/09/1454055p.jpg

Keluarga Afham Ramadhan, salah satu nama yang diduga terlibat dengan teroris, terkenal sebagai keluarga yang disegani dalam ilmu dan ketaatannya dalam beragama. Ayahnya, Taufik Rahman, kerap menjadi imam di mushola dekat rumah mereka.

Yang jelas Taufik adalah lulusan Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur. Pada Pileg 2009, ia sempat mencalon diri sebagai caleg dari Partai Bulan Bintang untuk daerah Cirebon. Ketika ditanya sosok Taufik sehari-hari, warga sekitar hanya mengatakan, "Keras itu."

Begitu kesan yang terlontar dalam obrolan dengan 6 orang bapak di warung kopi di dekat rumah Afham yang beralamat di Bekasi Timur, Bekasi, Selasa (13/10). Namun, mereka tidak bisa menjelaskan keras bagaimana yang dimaksudkan.

"Sebelumnya menjadi Sekjen Partai Masyumi," ujar salah satu bapak yang tetap tidak mau menyebutkan namanya.

Dari obrolan tersebut, juga terungkap Afham beserta 6 adik-adiknya adalah lulusan pesantren. Mereka masuk pesantren selepas SD. "Karena itulah kalau pas shalat keluarga mereka kerap diminta untuk menjadi imam," terang bapak yang lain.

Afham yang tercatat sebagai mahasiswa jurusan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Ciputat, Tangerang Selatan, Banten itu diduga bersama Sonny Jayadi sahabatnya mempunyai hubungan dengan 2 teroris yang tewas ditembak di Ciputat, Syaefudin Zuhri dan M Syarir.

Keduanya disebut sebagai penyewa kamar kos nomor 15 untuk bersembunyinya Zuhri dan Syarir seharga Rp 430.000 per bulan secara patungan. Selain Afham dan Sonny juga ada nama lain yang diduga terlibat, yakni Fajar Firdaus yang meminta Sonny menyewa kos. Fajar dan Sonny sudah ditangkap, sementara menurut sumber kepolisian Afham sendiri masih DPO (daftar pencarian orang).•KOMPAS.com

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search