Custom Search

Ratusan Kosmetik Ilegal Disita

BEKASI-JAKARTA

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Manado menyita ratusan kosmetik ilegal dalam inspeksi mendadak (Sidak), Senin.

Kosmetik ilegal yang tak punya izin edar itu disita dari toko Fiorenza di jalan Samratulangi dan El Rapha di IT Center dipimpin Sukriadi Darma Kepala seksi pemeriksaan BBPOM di Manado.

"Kosmetik ilegal yang kami sita tersebut berupa parfum, pemutih wajah, deodorant, sampai hand body lotion, kami sita dan akan dimusnahkan," kata Kepala Seksi Pemeriksaan BBPOM Manado Sukriadi Darma di Manado, Senin.

Saat melakukan sidak tersebut, pihak BBPOM langsung memberikan penjelasan aturannya dimana kosmetik ilegal tersebut tak bisa beredar sebab tak punya izin dari BBPOM.

Bahkan Sukriadi Darma mengatakan para pemilik langsung diberikan teguran keras, dan diminta untuk tak mengulangi perbuatan jika melakukannya lagi akan berurusan dengan hukum.

Pemilik toko parfum Fiorenza Abdul Rahman yang mulanya agak keberatan terpaksa merelakan ratusan botol parfum mereka disita dan diamankan Balai POM, setelah diberikan penjelasan mengenai aturannya.

"Kami tak berniat menjual sesuatu berbahaya, namun karena ternyata tak punya registrasi jadi kami patuh saja pada aturan," kata Abdul Ramhan, pemilik Fiorenza.

Kosmetik ilegal yang disita itu antara lain parfum merk bulgari, Hugos, Escada yang harganya diperkirakan mencapai Rp50 juta.

Pengelola El Rapha dokter Nana, yang mulanya agak keberatan akhirnya menerimanya saat dijelaskan aturannya oleh BBPOM, dan menandatangani berita acara penyitaan, sambil berjanji tak akan mengulangi perbuatannya.



0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search