Custom Search

Sang Pengendali yang Tak Lulus Uji BI

BEKASI-JAKARTA

Meski mengendalikan Bank Century, Robert Tantular tidak tercatat dalam kepengurusan bank. Namanya 'disembunyikan' karena ia tidak lulus uji kepatutan dan kelayakan sebagai bankir yang dilakukan Bank Indonesia.

Walau begitu, BI tetap 'mengakui' Robert sebagai pemegang saham pengendali bank. Robert berada dibalik ambruknya bank tersebut, sehingga pukul 10.00 WIB pagi ini Pansus Bank Century ikut memeriksanya.

Pada 9 Desember 2008 lalu, Deputi Gubernur Bank Indonesia Siti Fadjrijah mengakui Robert tidak lulus dalam uji kepatutan dan kelayakan sebagai bankir. "Yang namanya pemilik Bank Century memang tidak lolos fit and proper," ujar Deputi Gubernur BI, Siti Fadjrijah saat itu.

Pintarnya Robert, meski tidak lulus, ia tetap bisa masuk kembali ke Bank Century. Ia tidak lagi menggunakan nama individu, tapi memakai nama sebuah Perseroan Terbatas. Di perusahaan itu pun, namanya sengaja tidak dimunculkan.

Meski begitu, BI belakangan mengetahui Robert ada di belakang PT tersebut. Dalam struktur kepemilikan Bank Century sebelum diambil alih oleh Lembaga Penjamin Simpanan, bank ini juga dimiliki oleh sejumlah perusahaan lokal.

Perusahaan itu adalah PT Century Mega Investindo, PT Antaboga Deltasekuritas dan PT Century Super Investindo. Perusahaan-perusahaan ini seluruhnya dikendalikan oleh Robert.(VIVAnews)

http://bekasijakarta.blogspot.com/

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search