Custom Search

Mensos Jamin Pangan Sebulan Korban Gempa

BEKASI-JAKARTA

Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah akui pendistribusian bantuan belum menyentuh seluruh lapisan masyarakat korban bencana gempa 7,6 Skala Richter yang terjadi Rabu, 30 September 2009. Namun Menteri menjamin, kebutuhan pangan korban selama sebulan tercukupi.

"Secara keseluruhan distribusi logistik bencana di Sumbar berjalan baik. Walaupun ada beberapa korban belum tersentuh bantuan, janganlah mengecilkan distribusi bantuan yang telah banyak disalurkan," kata Mensos Bachtiar Chamsyah, Kamis, 8 Oktober 2009 di posko bencana gempa Sumbar di jalan Sudirman, Padang.

Terkait mandegnya penyaluran bantuan di tingkat kecamatan, Mensos berjanji akan langsung mencek kondisi tersebut malam ini. Secara keseluruhan, Mensos menilai, proses tanggap darurat di sejumlah daerah yang terkena bencana gempa di Sumbar berjalan baik.

Penyaluran logistik makanan di sejumlah terisolir telah dilakukan dengan menggunakan helikopter polisi dan Basarnas. "Sedikitnya ada 40 kali penerbangan yang dilakukan untuk menyalurkan distribusi logistik di sejumlah daerah terisolir pasca gempa," kata Bachtiar.

Ia menyayangkan pemberitaan media yang mengatakan penyaluran distribusi logistik korban bencana gempa kacau balau. "Tidak benar itu, penyaluran logistik dari provinsi ke kabupaten berjalan baik hingga saat ini. Saya sudah cek langsung ke hanggar Bandara Internasional Minangkabau," kata Mensos.

Terkait bantuan beras ke Sumbar, untuk satu bulan terpenuhi bagi 125 ribu korban bencana di Sumbar. Sebanyak 5.300 ton beras telah disalurkan ke Sumbar dan masing-masing mendapatkan 400 gram per hari. "Jadi tidak ada alasan lagi beras tidak cukup. Satu bulan lagi kita akan salurkan kembali bantuan 5.300 ton beras," kata Mensos.(VIVAnews)

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search