Custom Search

Capello dan Gaya Baru Inggris

BEKASI-JAKARTA

http://www.kompas.com/data/photo/2009/05/28/0010288p.jpg

Pelatih Inggris Fabio Capello menjanjikan permainan gaya baru saat melawan Belarusia di kualifikasi terakhir Piala Dunia 2010. Seperti apa permainan tanpa striker Wayne Rooney dan gelandang Steven Gerrard tersebut?

Bagi "The Three Lions", bermain bersama Rooney dan Gerrard adalah suatu keniscayaan. Keduanya sudah menjadi satu kesatuan dalam detak jantung Inggris. Dalam sistem 4-2-3-1 yang biasa diterapkan oleh Capello pada laga yang sudah-sudah, Rooney biasa menempati sektor kiri di lapis kedua serangan tim. Gerrard berdiri di tengah, tak jauh dari Rooney.

Kini keduanya absen karena cedera. Capello tak ingin ambil pusing soal ketiadaan mereka. Inggris tetap harus berjalan mengincar kemenangan meski mereka sudah pasti lolos ke putaran final di Afrika Selatan. Bagi "Don Fabio", justru sekarang ini merupakan waktu tepat baginya untuk menjajal sistem anyar, 4-4-2, format konvensional dan sudah baku dalam sepak bola.

"Mungkin saja Anda akan terkejut besok (nanti malam). Anda harus menunggu 24 jam," ungkap mantan pelatih Real Madrid itu. "Besok kami akan memainkan gaya berbeda, kami memainkan sejumlah pemain berbeda dan itu akan menjadi laga yang sangat menarik bagi saya."

Melihat susunan baru ini, bisa dipastikan tak ada perubahan di kuartet pertahanan. Lampu hijau yang diberikan Capello untuk Rio Ferdinand menjamin kesertaan bek tengah Manchester United tersebut pada laga Rabu (14/10) malam nanti. Ferdinand akan menemani kapten John Terry.

Di sayap belakang, Wayne Bridge akan mendapat kesempatan menggantikan Ashley Cole. Bridge sudah hampir setahun tak mengisi sektor ini sehingga keberadaannya baru pasti jika Cole tak kunjung pulih dari cedera engkel. Adapun sayap kanan sudah pasti menjadi milik bek Liverpool, Glen Johnson. Pertahanan plus daya dobrak Johnson akan sangat pas untuk menunjang laju Aaron Lennon di kanan luar lapangan tengah.

Lennon menjadi pilihan utama di sayap kanan karena untuk saat ini dialah yang paling aktif di antara Theo Walcott, David Beckham, ataupun Shaun Wright-Philips. Bersama James Milner di kiri, Lennon akan mengapit gelandang sentral Frank Lampard dan Michael Carrick.

Kini tinggal menyisakan teka-teki siapa yang bakal mengisi di lini depan. Selama ini Capello selalu menunjuk Emile Heskey sebagai ujung tombak. Namun, untuk tombak kembar, pilihannya bisa jadi berubah. Kesempatan terbuka bagi pasangan Gabriel Agbonlahor dan Peter Crouch. Ini pun masih bisa ditawar karena Heskey dan Carlton Cole juga masih berhak mendapat kesempatan main sejak menit pertama.

Masih kurang satu, yakni penjaga gawang. Setelah absennya Robert Green, Capello tidak dapat menurunkan David James. James yang menjadi pengganti Green pada laga versus Ukraina dinilai masih belum bisa tampil 100 persen. Harapan Ben Foster untuk kembali ke posisi utama di bawah mistar juga tertunda menyusul cedera yang dialaminya dua pekan lalu.

"James tidak bagus. Dia semakin baik, tapi jika dia tak 100 persen, dia dapat duduk di bench," kata pelatih asal Italia tersebut.

"Kami tidak memilih Foster karena kami sudah bicara dengan United dan mereka bilang dia baru bisa berlatih pada Kamis (15/10). Kami pilih pemain yang bugar," tambahnya.

Bisa jadi Capello akan memainkan kiper Manchester City yang dipinjamkan ke Birmingham, Joe Hart. Kiper muda Inggris ini sudah lama tak diturunkan bersama Terry dkk dan ini bisa melengkapi eksperimen Capello malam nanti. (kompas.com)

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search