Custom Search

Tanpa Argentina, Piala Dunia Hambar

BEKASI-JAKARTA

http://www.kompas.com/data/photo/2009/08/17/2337578p.jpg

Kepastian lolosnya Brasil ke Piala Dunia, usai mengalahkan Argentina ternyata tidak benar-benar memuaskan Ricardo Kaka. Pasalnya, itu membuat Argentina terancam gagal lolos ke putaran final. Kaka berharap, Argentina bisa mengatasi keadaan dan lolos ke putaran final. Menurutnya, tanpa Argentina, Piala Dunia akan terasa hambar.

Argentina selama ini memang dikenal sebagai salah satu kekuatan sepak bola terbaik dunia. Mereka juga rajin menelurkan pemain-pemain besar, seperti Diego Maradona dan Lionel Messi. Harus diakui, Argentina adalah salah satu dari sedikit tim yang bisa mengimbangi kekuatan sepak bola Brasil.

Sebagai konsekuensi, persaingan Brasil dan Argentina memang tak terhindarkan. Duel keduanya selalu sarat dengan emosi. Persoalan tidak selalu terletak pada trofi. Sering kali, mereka bertempur hanya untuk mendapat gengsi dan pengakuan sebagai yang terbaik.

Baru-baru ini, keduanya bertemu di ajang kualifikasi Piala Dunia 2010 Zona Amerika Selatan. Argentina nyaris tak memberikan perlawanan dan akhirnya menyerah 1-3. Selain kehilangan muka, kekalahan ini juga mengikis peluang mereka lolos ke putaran final Piala Dunia.

Argentina memang masih berada dalam posisi aman. Dengan koleksi 22 poin, mereka bertengger di peringkat keempat klasemen, batas minimum kelolosan langsung. Namun, selisih dua angka dari Kolombia dan Ekuador di peringkat kelima dan keenam, membuat Argentina terancam kehilangan posisi. Untuk menghindari kemungkinan terburuk, Argentina harus menang dalam tiga laga tersisa.

Meski berstatus rival sejati, Kaka tak enggan memberikan dukungan untuk Argentina. Menurutnya, terlepas dari hasil pertemuan terakhir, Argentina tetaplah tim terbaik dunia dan harus tampil di Afrika Selatan. Tanpa Argentina, Brasil akan kehilangan lawan sepadan. Kompetisi pun akan mengalami penurunan kualitas. Meski ingin juara, Brasil tetap mengharapkan mendapat persaingan ketat di Piala Dunia 2010 nanti.

"Kami melakukan tugas kami dan lolos. Tentu kemenangan atas Argentina bagus untuk kami. Namun, di Piala Dunia, tim-tim terbaik dari seluruh dunia harus berada di sini(Afsel). Akan lebih menyenangkan bila mereka berada di sana (Afsel). Piala Dunia tanpa Argentina tidaklah bagus," ujar Kaka



0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search