Custom Search

TMII Berikan Diskon Bagi Pemakai Batik

BEKASI-JAKARTA

Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang terletak di Jakarta Timur, Jumat, memutuskan untuk memberikan diskon sebesar 50 persen bagi warga yang memakai pakaian batik.

"Diskon sebesar 50 persen ini diberikan kepada para pengunjung yang menggunakan baju batik yang datang pada tanggal 2 Oktober 2009," kata Humas TMII Jerry Lahama, di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, hal itu karena pada tanggal tersebut, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia tak benda ("Intagible Culture Heritage") dari Indonesia.

Batik akan menjadi warisan ketiga Indonesia yang terdaftar dalam UNESCO setelah wayang yang menjadi warisan budaya dunia pada tahun 2003 dan keris pada tahun 2005.

Batik dalam bahasa Jawa berasal dari kata "tik", yang memiliki makna suatu pekerjaan halus, lembut, dan kecil yang mengandung unsur keindahan.

Sedangkan pengertian batik secara etimologis adalah menitikkan malam dengan canting untuk membentuk corak yang terdiri dari susunan titikan dan garis.

Jerry juga memaparkan, pemberian diskon tersebut juga dilakukan berkaitan dengan penetapan tanggal 2 Oktober 2009 sebagai "Hari Batik Nasional".

Selain TMII, berbagai museum yang terletak di wilayah DKI Jakarta juga akan memberikan tiket masuk gratis bagi mereka yang memakai batik.

Berbagai museum yang akan menggratiskan tiket masuk pada tanggal 3 - 7 Oktober 2009 itu antara lain Museum Tekstil, Museum Fatahillah, Museum Bahari, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Juang.

Sementara itu, Taman Margasatwa Ragunan juga akan memberikan tiket secara cuma-cuma pada pengunjung berbatik yang datang ke kebon binatang di wilayah Jakarta Selatan tersebut pada tanggal 5 Oktober.(Antara News)

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search