Custom Search

Satkorlak: Tak Ada Diskriminasi Evakuasi Korban Gempa

BEKASI-JAKARTA

Ketua Harian Sarkorlak Penanggulangan Bencana Sumatra Barat (Sumbar) Marlis Rahman menegaskan, tidak ada diskriminasi dalam evakuasi korban gempa bagi warga keturunan di Kota Padang, dan semua korban diperlakukan sama sebagai warga negara Indonesia.

"Tidak ada diskriminasi pencarian korban di kawasan warga keturunan," kata Marlis Rahman di Padang, Selasa, menanggapi isu yang berkembang di dunia internasional yang menuding telah terjadi diskriminasi evakuasi korban gempa terhadap warga keturunan.

Menurut dia, pada hari pertama pascagempa pimpinan daerah telah mendatangi kawasan permukiman warga keturunan untuk mengetahui kondisi di lapangan dan menentukan bentuk bantuan yang harus segera dilakukan.

Ia mengakui, cukup banyak bangunan bertingkat yang roboh di kawasan warga keturunan yang lama dibersihkan sekaligus evakuasi terhadap adanya korban yang diperkirakan ikut tertimbun.

Personil TNI juga sudah banyak berada di kawasan keturunan itu, namun mereka tidak bisa melakukan pembersihan karena belum ada izin dari pemilik, katanya.

Tim SAR tentu tidak bisa main bongkar saja, tanpa izin pemilik karena dikhawatirkan barang-barang yang selamat akan hilang, kata Marlis yang juga Wakil Gubernur Sumbar itu.

Sedangkan para pemilik bangunan banyak yang mengungsi Ke Jakarta hingga Singapura, tambahnya.

Ia meminta semua pihak tidak terpancing isu diskriminasi yang dihembuskan pihak-pihak tidak bertanggungjawab dan tanpa kebenaran di lapangan itu.(ANTARANews)

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search