Custom Search

Gol Menit Akhir Bollati Loloskan Argentina

BEKASI-JAKARTA

http://d.yimg.com/hb/xp/antr/20091015/12/694813332-gol-menit-akhir-bollati-loloskan-argentina.jpg?x=213&y=296&sig=DRsnQdXWVGhtOKXyQkUPcA--

Mario Bolatti menjadi pahlawan ketika menghujamkan gol di menit akhir sehingga memberi Argentina kemenangan 1-0 atas Uruguay pada pertandingan babak akhir kualifikasi Piala Dunia 2010 Rabu dan akhirnya meloloskan tim asuhan Diego Maradona ke putaran final Piala Dunia di Afrika Selatan.

Bolatti melesakkan gol lima menit setelah ia diturunkan sebagai pemain pengganti untuk memastikan Argentina merebut tempat keempat pada klasemen kualifikasi zona Amerika Selatan yang termasuk tempat otomatis untuk lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan, bersama dengan Brazil, Paraguay dan Chile yang sudah lolos terlebih dahulu.

Uruguay akan menghadapi babak play-off kandang-dan-tandang melawan tim tempat keempat dari kawasan Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF).

Tim tamu Argentina memulai pertandingan itu dengan posisi bahaya bakal kehilangan peluang mereka tidak lolos untuk pertama kali ke Piala Dunia sejak 1970. Jika kalah dari Uruguay dalam pertandingan itu walaupun menang melawan Ekuador di Chile pada pertandingan kualifikasi sebelumnya bisa mengakibatkan skenario itu menjadi kenyataan.

Namun, Maradona menyambut gembira dengan gegap gempita di sisi lapangan setelah Bolatti mencetak gol tunggal Argentina itu yang menjamin tempat mereka di putaran final tahun depan di Afrika Selatan.

Maradona berurai airmata dan kemudian memeluk semua anggota tim pelatihnya dalam luapan emosi saat peluit akhir berbunyi.

Setelah menggantikan Alfio Basile sebagai pelatih timnas di pertengahan jalan berlangsungnya babak kualifikasi, kepercayaan Maradona bagi tugas itu telah dipertanyakan banyak kalangan setelah timnya itu kalah dari Bolivia, Ekuador, Paraguay dan juga Brazil saat bertanding di kandang sendiri.

"Saya ingin mendedikasikan ini kepada semua warga Argentina," katanya di televisi Argentina, "Saya sangat berterima kasih kepada skuad Argentina."

Ringkasan pertandingan

Di Montevideo, Rabu

Uruguay 0 Argentina 1

Pencetak gol: Mario Bolatti 85 Kartu merah: Martin Caceres (Uruguay) 81, Cristian Rodriguez (Uruguay) 90+4 Babak pertama: 0-0; Penonton: 60.000 orang

Para pemain: - Uruguay: 1-Fernando Muslera; 6-Andres Scotti, 2-Diego Lugano, 3-Martin Caceres, 16-Maximiliano Pereira; 15-Diego Perez, 5-Walter Gargano (7-Crisitian Rodriguez 71), 17-Jorge Rodriguez (11-Edinson Cavani 58), 14-Alvaro Pereira; 9-Luis Suarez (13-Sebastian Abreu 77), 10-Diego Forlan - Argentina: 1-Sergio Romero; 4-Nicolas Otamendi, 3-Rolando Schiavi, 2-Martin Demichelis, 6-Gabriel Heinze; 7-Angel Di Maria (16-Fabian Monzon 75), 14-Javier Mascherano, 8-Juan Sebastian Veron, 17-Jonas Gutierrez; 10-Lionel Messi (11-Carlos Tevez 86), 9-Gonzalo Higuain (5-Mario Bolatti 80)
(ANTARA/Reuters)

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search