Custom Search

Dana Gempa yang Siap Cair Rp 80 Miliar

BEKASI-JAKARTA

Dana bencana alam dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2009 yang siap dipakai segera untuk penanggulangan gempa di Padang dan sekitarnya mencapai Rp 80 miliar.

Dana cadangan penanggulangan bencana alam tahun ini mencapai Rp 3 triliun. Dari dana itu yang telah mendapat persetujuan penggunaannya oleh Panitia Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat sebesar Rp 526,2 miliar, termasuk siap ditarik Rp 100 miliar.

“Dari yang siap ditarik itu, Rp 80 miliar dapat dimanfaatkan untuk penanggulangan gempa Padang,” kata Direktur Jenderal Anggaran Departemen Keuangan, Anny Ratnawati, lewat pesan pendek, Jumat (2/10).

Menurut dia, saat ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana sedang mengusulkan tambahan dana cangan yang siap ditarik. Usulan itu akan segera dikirimkan kepada Panitia Anggaran untuk proses persetujuan. Meski begitu, Satuan Anggaran per Satuan Kerja (SAPSK) sebesar Rp 50 miliar di dalamnya telah dapat diproses.

“Beberapa Kementerian dan lembaga juga mempunyai alokasi anggaran yang dapat digunakan untuk tanggap darurat bencana alam, seperti Departemen Pekerjaan Umum, Departemen Kesehatan, dan Departemen Sosial,” ungkapnya.(TEMPO Interaktif)

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search