Custom Search

Palringo Instant Messenger: IM Lengkap untuk Semua Gadget

BEKASI-JAKARTA

http://www.kompas.com/data/photo/2009/06/09/1633162p.jpg

Ada beragam aplikasi instant messenger beredar. Masing-masing vendor mengeluarkan aplikasi messenger yang cocok untuk layanannya. Pihak ketiga juga tak mau kalah. Ada yang merancang aplikasi untuk layanan instant messenger tertentu dan ada pula layanan all-in-one yang menyediakan akses ke banyak layanan messenger dalam satu aplikasi.

Mana yang harus dipilih? Masalah akan menjadi kompleks bila Anda punya beberapa akun messenger dan mengaksesnya dari lebih dari satu perangkat. Sebab Anda harus memilih beberapa jenis messenger untuk setiap platform. Misalnya, Anda meng-instal Pidgin di Linux, lalu Nimbuzz di Java dan Agile di PDA Anda. Setiap aplikasi memiliki menu khasnya. Alhasil selain harus repot memilih aplikasi Anda juga harus mempelajari cara penggunaan masing-masing aplikasi.

Agar tidak repot, coba gunakan Palringo. Palringo adalah aplikasi messenger yang mendukung banyak messenger dalam satu aplikasi. Sampai saat ini tercatat Yahoo! Messenger, AOL Instant Messenger, Google Talk, Facebook Chat, TencentQQ, Gadu-Gadu, ICQ, iChat, XMPP/Jabber dan Windows Live dapat ditangani oleh Palringo.

Bukan hanya itu. Apa pun perangkat gadget yang Anda punya bisa menjalankan Palringo. Aplikasi unik ini dirancang agar bisa berjalan di PC atau gadget bersistem operasi Windows 2000/XP/Vista, Linux, Mac OS X Leopard, Windows Mobile, Symbian, iPhone, Black Berry, Java (J2ME) dan akan segera hadir versi Android tahun ini.

Komunikasi Teks, Suara dan Foto
Yang tak kalah menarik, aplikasi multiplatform ini tidak hanya mendukung pertukaran teks. Anda juga bisa bertukar foto atau berbicara lisan via pesan instan ke pengguna tertentu atau sekelompok orang. Penggunaan data 1MB diklaim dapat digunakan untuk transmisi sampai 15 menit pesan suara, 32 foto atau 100.000 kata dalam bentuk teks.

Di samping fungsi sebagai pengantar pesan singkat, Palringo dapat digunakan untuk mengetahui lokasi rekan-rekan chat Anda. Informasi tersebut dihimpun dari berbagai sumber. Bisa dari GPS, Wi-Fi, ataupun BTS yang digunakan untuk akses. Informasi lokasi dilengkapi dengan peta yang menunjukkan di mana lokasi persis rekan Anda berada.

Untuk menggunakan Palringo Anda tidak perlu repot mengisi formulir registrasi yang memberikan pertanyaan detil mengenai data diri Anda seperti pada aplikasi messenger all-in-one lain. Cukup kunjungi http://www.palringo.com/en/gb/register, isi alamat e-mail Anda, password yang ingin Anda buat sebanyak dua kali dan klik kotak cek Accept. Begitu mengklik tombol Register, akun Anda akan segera didaftarkan.

Instal versi Windows
Setelah mendapatkan akun, kini saatnya Anda meng-instal aplikasi Palringo di gadget-gadget Anda. Instal-lah Palringo versi Windows, Linux atau Mac pada PC, notebook ataupun netbook Anda dan instal versi Windows mobile, Symbian, iPhone atau Java pada ponsel dan PDA Anda.

Dari masing-masing perangkat, kunjungi www.palringo.com/en/gb/download. Khusus untuk ponsel Java, kunjungi www.palringo.mobi dari browser ponsel. Klik tombol Download sesuai dengan jenis sistem operasi gadget Anda. Saat muncul konfirmasi pengunduhan, lanjutkan saja.

Untuk instalasi di PC, notebook atau netbook, Anda tinggal menjalankan file instalasi yang baru saja Anda unduh, lalu klik tombol Agree > Next > Next > Install. Selanjutnya, Palringo sudah bisa langsung digunakan dari menu Start > All Programs > Palringo > Palringo.

Untuk menggunakan Palringo, klik menu File > Palringo (Palringo) > Online. Selanjutnya Anda akan ditanyai mengenai E-mail dan password. Gunakan alamat e-mail yang tadi telah Anda daftarkan berikut passwordnya. Selanjutnya Anda sudah bisa langsung menikmati layanan penuh dari Palringo.

Untuk instalasi di ponsel dan PDA caranya tidak jauh berbeda. Begitu Palringo selesai diinstal, Anda bisa langsung login ke layanan Palringo. Selebihnya, cara penggunaan dan menu-menu yang digunakan setiap versi Palringo sama saja untuk versi mana pun.

Tiga Jendela
Dalam layar utama, jendela akan dibagi tiga: Services, Messages, dan Location. Services menampung daftar layanan messenger yang sedang Anda gunakan, sementara Messages menampung daftar pesan yang Anda terima. Menu yang terakhir Location merupakan fasilitas pendeteksi lokasi yang terintegrasi.

Untuk menambahkan akun baru ke dalam Palringo, pilih menu Add service…. Di sana tersedia daftar berbagai layanan messenger yang didukung oleh Palringo. Pilih salah satu layanan, lalu isikan username dan password untuk masuk ke akun layanan tersebut. Selanjutnya Anda sudah bisa langsung menikmati seluruh layanan messenger Anda dari jendela Palringo.

Mengelola kontak dengan Palringo tidaklah sulit. Anda cukup memilih menu Contacts > Add a contact, pilih Contact service (layanan Palringo Anda), masukkan username-nya, lalu pilih Next. Langkah ini akan dilanjutkan dengan verifikasi ke pemilik akun. Bila ID Anda disetujui sebagai temannya, maka namanya akan muncul pada daftar.

Kirim Pesan, Ngobrol
Berkirim pesan dengan Palringo tak ubahnya dengan chatting melalui messenger biasa. Anda cukup memilih kontak yang akan diajak chat di jendela utama, lalu mengetikkan isi pesan yang akan disampaikan. Untuk menyertakan foto, klik tab Photo, lalu pilih capture photo. Di sini Anda dapat mengambil gambar baru dari kamera gadget atau bisa juga diambil dari salah satu file yang tersimpan di harddisk.

Jika rekan yang Anda ajak chat sama-sama menggunakan Palringo, Anda dapat menggunakan fitur Voice untuk mengobrol dengan suara. Metode penyampaian pesan ialah push to talk. Artinya, suara Anda akan direkam dan ditransmisikan hanya saat Anda menekan tombol Push to talk di tab Voice.

Setelah pesan direkam, barulah pesan tersebut dikirimkan ke messenger tujuan untuk diperdengarkan. Metode Push to talk digunakan untuk menghemat bandwidth. Dengan metode ini, transmisi data hanya terjadi saat Anda berbicara (menekan tombol) saja.

Di samping semua layanan di atas, Anda juga bisa membuat sebuah grup di akun Palringo. Cara membuatnya, pilih Groups > Create a group dari menu utama. Setelah itu masukkan nama grup yang ingin Anda buat. Nama grup ini harus unik dan belum dimiliki oleh orang lain. Bila Anda ingin bergabung ke grup pengguna lain, gunakan saja menu Join a group.

Tips
Agar pesan suara yang Anda terima bisa langsung terdengar di messenger, lakukan tips berikut:
Untuk Windows Mobile: pilih Menu/File > Settings > General dan pilih Beep on new messages. Sementara pada ponsel Symbian, pilih menu Options > Settings > dan berikan tanda cek di depan opsi Play all new voice messages automatically.

Peringatan!
Sama seperti layanan berbasis Internet lainnya, Palringo membutuhkan akses Internet yang terus menerus. Itu artinya, Anda membutuhkan akses Internet berkecepatan tinggi dengan biaya terjangkau. Pastikan Anda menggunakan paket data yang memadai sebelum menggunakan layanan ini.

Aplikasi
Ponsel
Nama File: Palringo.sisx (Palringo versi Symbian), palringo.cab (Palringo versi Windows Mobile), palringo-generic-en.jar (Palringo versi Java)
Ukuran File: 592 KB (Symbian), 1,4 MB (Windows Mobile), 311 KB (Java)
Situs download: http://www.palringo.com/en/gb/download
Jenis: Freeware
Developer: Palringo Limited
Sistem operasi: Windows Mobile, Symbian, iPhone, Black Berry, Java (J2ME)

PC
Nama File: palringo_osx_alpha (Palringo versi Mac OS X Leopard Alpha), Palringo-x86-SVN.exe (Palringo versi Windows), PalringoInstall.sh (Palringo versi Linux)
Ukuran File: 5,5 MB (Mac OS), 1,2 MB (Windows), 4,2 KB (Linux)
Situs download: http://www.palringo.com/en/gb/download
Jenis: Freeware
Developer: Palringo Limited
Sistem operasi: Mac OS X, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Linux



0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search