Custom Search

Obama Hadiri APEC, Polri Bantu Keamanan di Perbatasan Singapura

BEKASI-JAKARTA

http://www.kompas.com/data/photo/2008/11/22/3095471p.jpg

Para menteri anggota APEC mengadakan jumpa pers pada akhir pertemuan ke-20 tingkat menteri APEC di Museum Nasional di Lima, Peru, Kamis (20/11). Pertemuan tingkat menteri ini mempersiapkan rancangan agenda aksi yang akan disetujui para pemimpin 21 anggota ekonomi APEC dalam pertemuan hari Sabtu dan Minggu di Lima.

Kepolisian RI ikut membantu pengamanan pertemuan puncak forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (Asia Pacific Economic Cooperation - APEC) di Singapura, November mendatang.

Hal itu dikatakan Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri usai kunjungan kerja di Markas Kepolisian Daerah Kepulauan Riau di Batam, Senin (12/10).

Ia mengatakan Polri diminta untuk mengamankan wilayah perbatasan selama sidang APEC berlangsung. "Polda Kepri akan operasi bersama," kata Kapolri.

Kesepakatan untuk membantu pengamanan APEC di Singapura dihasilkan dalam pertemuan bilateral antara Kapolri dengan Kepala Kepolisian Singapura, saat sidang interpol ke-57 berlangsung di ’Negara Singa’ itu.

"Sampai saat ini, sidang masih berlangsung," kata Kapolri setibanya di Batam, usai menghadiri sidang interpol yang dianggotai 153 negara.

Selain mengadakan pertemuan bilateral dengan Kepala Kepolisian Singapura, Kapolri mengatakan dia juga bertemu dengan beberapa pejabat negara tetangga, antara lain Menteri Dalam Negeri Australia dan Menteri Keamanan Jepang.

Dalam pertemuan itu, kata Kapolri, para pejabat membicarakan banyak hal, antara lain tentang Hak Cipta Intelektual, terorisme dan penyelundupan manusia. "Pembicaraannya beda-beda, ada tentang HaKI, Terorisme, penyelundupan manusia, " katanya.

Sementara itu, Presiden AS Barack Obama akan menghadiri pertemuan puncak forum APEC di Singapura dan mengunjungi negara-negara di kawasan itu pada November, demikian diumumkan Gedung Putih, beberapa waktu lalu.

Juru bicara Robert Gibbs mengkonfirmasi bahwa Obama akan menghadiri pertemuan puncak ke-17 APEC yang diikuti 21 negara pada 14-15 November.

"Presiden Obama berharap bekerja sama dengan para pemimpin APEC untuk meningkatkan investasi dan perdagangan terbuka, mendukung pemulihan ekonomi dan pembangunan yang berkesinambungan, serta mengatasi tantangan-tantangan utama yang dihadapi kawasan itu dan dunia," kata Robert Gibbs.•KOMPAS.com

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search