Custom Search

Virtu-V Mengandalkan Kamera 10 Megapiksel

BEKASI-JAKARTA. Kamera masih menjadi daya tarik sebuah ponsel, apalagi jika resolusinya cukup tinggi. Vendor lokal Virtu-V cukup jeli membidik pasar ini ketika vendor lokal lain menggarap ponsel televisi. Setelah meluncurkan ponsel berkamera 5 megapiksel, lalu 8 megapiksel, Virtu-V meneruskan portofolionya dengan seri F10, ponsel layar sentuh dengan kamera 10 megapiksel.

Kesan mewah dan kukuh tampak pada tampilan ponsel ini. Antarmukanya berwarna mengkilap, dengan bingkai warna metal. Di bawah layar ada tombol sentuh untuk panggilan, serta tombol navigasi. Di sisi kiri badan ponsel terdapat tombol on/off. Tombol shutter kamera di sebelah kanan diletakkan searah tombol volume dan slot kartu MicroSD. Sementara itu, sisi badan ponsel dilapisi bahan bercorak mirip kulit, membuat tampilannya lebih menarik.

Namun, pada permukaan mengkilapnya, di permukaan layar sentuh maupun pada bagian logamnya, sering kali tertinggal bekas jari atau kotoran. Jika ingin layar tetap bersih, pengguna bisa menggunakan stylus, yang tersimpan dalam wadah tersendiri, terpisah dari ponsel.

Menu kamera--fitur utamanya--bisa diakses lewat daftar menu atau dengan menekan agak lama tombol shutter. Pengguna bisa mengatur resolusi foto sampai maksimal 3.648 x 2.736 piksel. Tak perlu khawatir memotret dalam cahaya minimal, karena F10 dilengkapi lampu kilat Xenon.

Kamera F10 juga dilengkapi fasilitas autofocus, antiguncangan, fokus makro, dan pendeteksi wajah. Fokus otomatis bisa digunakan seperti pada kamera saku umumnya, dengan setengah memencet tombol shutter. Jika fokus didapat, baru tekan tombol sepenuhnya untuk menjepret. Sedangkan dengan fitur multishots-nya, kamera bisa memotret sampai lima kali jepretan.

Dari fitur-fiturnya, ponsel ini memang layak disandingkan dengan produk vendor lain yang sudah ternama, misalnya fitur red-eye reduction. Ketika menonton video di ponsel, pengguna bisa menangkap potongan gambar dari film, cukup dengan menekan tombol kamera.

Ponsel ini juga menyediakan fitur pictbridge, yang menghubungkan kamera dengan mesin pencetak. Sebelum mencetak, kita bisa mengedit foto atau video yang diambil. Pemutar multimedia di F10 mendukung beragam format berkas yang bisa diputar. Suara yang dihasilkan ponsel ini juga cukup nyaring. Sementara itu, koneksi Internetnya bisa didapat lewat koneksi GPRS dan peramban wap.

Tapi iTempo mencatat sejumlah kekurangan pada fitur kameranya. Pertama, lensa tak dilengkapi pelindung. Anda jadi harus lebih berhati-hati agar lensa tak tergores. Ponsel ini tampaknya juga memiliki memori kecil. Foto maupun video berukuran besar membuat ponsel ini kewalahan dan melambat.

Kendati demikian, gambar yang dihasilkan F10 cukup bagus. Sayangnya, kualitas suara perekaman video kurang bagus. Fasilitas fokus otomatis juga tak bekerja pada modus perekaman video. Meski demikian, perangkat ini dilengkapi koneksi dengan televisi.

Satu fitur uniknya adalah ponsel ini bisa dipakai sebagai remote control untuk mengoperasikan laptop. Ada pula fitur lain yang menarik, seperti kamus bahasa, e-book, call blacklist untuk menolak panggilan dari nomor tertentu, serta call background untuk mengganti suara latar ketika menelepon dengan beragam suara.

Kelengkapan fitur lagi-lagi menjadi daya tarik ponsel lokal. Namun, kapasitas yang masih terbatas menjadi salah satu alasan mengapa ponsel lokal belum bisa bersaing dengan ponsel dari vendor ternama. Misalnya, koneksi Internet yang berhenti di GPRS saja. Mungkin ini salah satu konsekuensi dari harganya yang di bawah rata-rata ponsel sejenis.

Spesifikasi:

Jaringan: GSM 800/900/1.900 MHz

Dimensi: 107 x 55,5 x 14,9 mm, 110 gr

Layar: TFT 2,8 inci 262 ribu warna 240 x 320 piksel

Ringtone: Polifonik, MP3

Memori: 87 MB, MicroSD

Data: GPRS, Bluetooth A2DP

Browser: WAP 2.0/xHTML

Kamera: 10 megapiksel, flash Xenon, autofokus, anti-shake, macro fokus, face detection, video

Fitur lain: SMS, MMS, E-mail, Pemutar MP3/MP4/3GP, Perekam Suara, Video Snapshot, Picture Bridge, Java MIDP, Call Blacklist, E-Book Reader, Game, Bahasa (Inggris, Indonesia, Cina Tradisional, Simplified Chinese), Touch Pad, Calculator, Currency Converter, Slide Show Pictures, Unit Converter, Photo Artist, Stop Watch, Images Tiles, World Clock, Video Editor, Scroll Touch Desktop, Alarm, Vibrate Touch, Calendar, Dictionary, To-Do-List, Chrono Watch Display, Bluetooth Remote Control, TV Out, Call Blacklist, Call Background

Baterai: Li-Ion 1.100 mAh. Waktu siaga 300 jam, waktu bicara 5 jam

Harga: Rp 3.850.000

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search