Custom Search

Mengintip Mobil Dinas Menteri Baru

BEKASI-JAKARTA

Kabar ini menjadi ramai karena harga mobil dinas para menteri saat ini jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan harga mobil dinas Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I. Crown merupakan produk mobil paling mewah dari Toyota. Versi terbaru, generasi ke-13 diluncurkan tahun lalu. Majesta yang dijual saat ini merupakan generasi ke-3, diluncurkan akhir Maret lalu.

Mobil mewah ini disejajarkan dengan Jaguar XJ, Mercedes-Benz S-Class, Audi A8, Volkswagen Phaeton, Bentley Continental Flying Spur, Rolls-Royce Phantom, Maybach 57, dan 62, Quattroporte Maserati, dan BMW 7 series yang di Indonesia dipasarkan seharga miliaran rupiah.

Crown Majesta dibandrol US$ 69,4 ribu untuk varian 2 WD, dan US$ 77,4 ribu untuk varian 4 WD, atau sekitar Rp 700 - 800 juta. Meski hanya dipasarkan di Jepang, Crown Majesta bisa diekspor ke mana saja, tergantung permintaan, termasuk ke Indonesia.

Tentu saja, bila masuk Indonesia, harga mobil mewah ini bisa melambung hingga di atas Rp 1 miliar per unit. Sebab, Toyota Jepang hanya menjual di tempat.

Harga itu belum termasuk biaya pengiriman dan pajak. Apalagi di Indonesia memberlakukan beberapa pajak pagi kendaraan impor, mulai dari pajak bea masuk hingga Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM).

Harga ini sangat jauh bila dibandingkan dengan harga mobil dinas menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I, Toyota New Camry, yang harganya sekitar Rp 600 juta per unit.

Crown Majesta tersedia dalam dua varian, yaitu mesin 4.3-liter V8 yang dilengkapi dengan sistem four wheel drive dan transmisi enam percepatan Super ECT, dan varian 4.6-liter V8 dengan delapan percepatan elektronik tapi tidak dilengkapi dengan sistem 4 WD.

Mesin ini menggunakan sistem injeksi bensin langsung, dikontrol sistem VVT-i elektronik (VVT-iE) untuk meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar. Versi 4,6 liter mampu menghasilkan tenaga maksimum 225 kW (347 PS) pada 6.400 rpm dan torsi 460 Nm (46,9 kgf) pada 4.100 rpm.

Dari sisi interior, Crown Majesta terkesan sangat mewah karena dilengkapi teknologi sistem navigasi HDD dengan fitur multi-media dan peta digital plus Toyota Premium sound system dengan 20 buah pengeras suara.

Dari sisi keamanan, mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan seperti sebuah kamera yang dapat mendeteksi jika ada pejalan kaki di depan, Pre-crash Seatbacks system sehingga bisa menyesuaikan kenyamanan posisi duduk sehingga meminimalisir tingkat risiko kecelakaan, dan tentu saja Supplemental Restraint System (SRS) rear-seat centre airbag.

Mobil ini dilengkapi total 10 airbag plus road-map data, sistem navigasi dapat membantu pengendara karena peta digital yang muncul di layar dibuat tiga dimensi sehingga mirip dengan situasi atau kondisi jalan raya dan sekitarnya, saat akan dilewati.

Fitur ini juga memberikan sinyal informasi jika pengendara tidak melihat rambu lalu lintas yang akan dan sudah dilewati. Yang paling menarik, pada sistem navigasi ini, pengendara juga diingatkan jika mengendarai terlampau kencang.(VIVAnews)

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search