Custom Search

Komitmen Berpakaian Batik Dipenuhi Presiden

BEKASI-JAKARTA

Komitmen untuk menggunakan pakaian batik pada 2 Oktober 2009 untuk menghormati keputusan UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia tetap dipenuhi Presiden Yudhoyono meski tengah meninjau penanggulangan bencana alam di Padang.

Laporan wartawan ANTARA di Padang, Jumat pagi, meski berada di daerah bencana, Presiden tetap berkomitmen mengenakan baju batik sesuai yang dicanangkannya.

Pada hari kedua kunjungan di Padang, Jumat, untuk meninjau dampak gempa bumi yang meluluhlantakkan Bumi Minang, Presiden mengenakan kemeja batik bercorak coklat. Sementara Ibu Ani yang mendampinginya mengenakan batik warna senada lengkap dengan kerudung hitam.

Pada hari pertama kunjungan di Padang, Presidenlangsung berangkat setibanya dari kunjungan kerja 8 hari di AS itu mengenakan safari hitam.Rombongan presiden mulai dari para menteri hingga staf kepresidenan juga kompak mengenakan pakaian batik.

Pada 28 September, Unesco secara resmi menyampaikan pengakuan bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia. Pengukuhan terhadap pengakuan itu dilakukan pada suatu acara di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada 2 oktober 2009.

Ketika menerima pengakuan Unesco, Presiden langsung mengeluarkan imbauan agar seluruh masyarakat indonesia pada 2 Oktober 2009 mengenakan pakaian batik.

Imbauan itu ditindaklanjuti oleh instansi pemerintah di berbagai daerah di indonesia yang mengimbau pegawainya mengenakan baju batik untuk menghargai pengakuan Unesco.(ANTARAnews)

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search