Custom Search

Gempa 7,6 SR Guncang Sumbar

BEKASI-JAKARTA

Gempa sebesar 7,6 SR mengguncang Pariaman, Sumatera Barat pada pada Rabu 30 September 2009. Gempa besar di Padang, sudah diperkirakan sebelumnya.

Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, pasca tsunami di Aceh, pemerintah memanggil ahli gempa, termasuk dari Amerika Serikat.

"Mereka katakan gempa akan menurun dari Aceh, Mentawai, Selat Sunda, Samudera Hindia, hingga ke Jawa," kata Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat 2 Oktober 2009.

Pemerintah pun sudah memberikan peringatan. "Kita sudah berikan warning, tapi gempa bumi tidak bisa diprediksi kapan, karena itu kita sudah peringatkan," tambah dia.

Menurut Kalla, belakar dari bencana dahsyat Aceh yang menewaskan lebih dari 100 ribu orang, masyarakat sebenarnya sudah siap menghadapi gempa.

Masyarakat, tambah Kalla, sebetulnya punya kearifan tradisional. "Di daerah rawan gempa umumnya rumah terbuat dari kayu atau bambu, tapi masalahnya rumah sekarang jadi bertingkat dan terbuat dari beton," tambah dia.

Ratusan orang dinyatakan tewas dalam musibah di Padang. Sementara, ribuan lainnya terperangkap di puing-puing bangunan yang hancur atau amblas akibat gempa.(VIVAnews)

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search