Custom Search

China Kirim Bantuan Medis Bagi Korban Gempa

BEKASI-JAKARTA

Pemerintah China menyatakan akan mengirimkan bantuan medis dan dana sekitar 550 ribu dolar AS untuk korban gempa di Padang, Sumatra Barat.

http://d.yimg.com/hb/xp/antr/20091002/05/225943089-china-kirim-bantuan-medis-bagi-korban-gempa.jpg?x=213&y=141&sig=8E9gBbI1zCGSi1sUyVoF5g--

"Pemerintah China akan menyiapkan bantuan medis dan dana bagi korban gempa yang melanda Sumatra Barat," kata Dubes China untuk Indonesia, Zhang Qiyue, dalam sambutannya saat perayaan HUT ke-60 Republik Rakyat China (RRC), di Jakarta, Kamis.

Hadir dalam perayaan tersebut antara lain mantan Presiden BJ Habibie, mantan Presiden Megawati Soekarno Putri, serta Ketua Umum Kadin MS Hidayat.

Menurut dia, pemerintah dan rakyat China menyatakan rasa simpati dan duka cita yang mendalam atas tragedi yang melanda Sumatra Barat pada Rabu 30 September 2009.

Sebagai negara yang memiliki hubungan sangat baik, katanya, pemerintah dan rakyat China juga menyatakan keprihatinan yang mendalam atas bencana korban yang menelan korban luka dan meninggal.

"Kami atas nama pemerintah dan rakyat China menyatakan duka cita mendalam terhadap para korban gempa," kata Qiyue.

Bantuan yang segera dikirim tersebut, katanya, merupakan bentuk rasa solidaritas pemerintah dan rakyat China terhadap pemerintah dan rakyat Indonesia.

"Kedua negara dan masyarakat memiliki hubungan bilateral yang sangat baik dan kondisi seperti ini diharapkan bisa tetap terjaga," kata Dubes Qiyue.

Korban tewas akibat gempa berkekuatan 7,6 pada Skala Richter (SR) Sumatra Barat hingga Kamis sore menjadi 478 orang.

Dari data Posko Satuan Koordinasi Pelaksana (Satkorlak) Penanggulangan Bencana Sumbar, korban tewas berasal dari Kota Padang, Kabupaten Padangpariaman, Kota Solok, Kota Pariaman, dan Kota Bukittinggi.(ANTARANews)

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search