Custom Search

Mempesiapkan Diri Saat Mudik Berkendara

BEKASI-JAKARTA

KEGIATAN mudik sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Selain mempersiapkan kendaraan, tubuh pun harus dipersiapkan terutama bagi Anda yang mendapat tugas menjadi sopir keluarga dalam perjalanan mudik. Dengan Anda memegang kemudi, berarti keselamatan seluruh anggota keluarga hampir sepenuhnya berada di tangan Anda.

Oleh karena itu ada sederet hal yang harus diperhatikan sebagai persiapan sebelum Anda melakukan perjalanan mudik.

- Pastikan Anda sudah cukup tidur dan beristirahat agar tubuh segar selama perjalanan.

- Karena Anda sendiri yang mengetahui bagaimana diri Anda, maka pilihlah waktu perjalanan yang
tepat. Bukan dalam kondisi jam biologis Anda tengah menuntut tidur dan beristirahat.

- Jika perjalanan Anda cukup jauh dan memakan waktu lama, sebaiknya istirahatlah selama 10 hingga 20 menit setap dua jam untuk tubuh kembali segar.

- Saat istirahat, lakukan stretching pada tubuh untuk mengurangi keletihan akibat kurangnya gerakan saat Anda mengemudi.

- Untuk mendukung kesegaran tubuh, tak ada salahnya mengonsumsi minuman dan makanan suplemen penambah tenaga agar tubuh selalu fit.

- Hindari makan berlebihan yang berpotensi mengundang rasa kantuk hebat.

- Jika kantuk tetap menyerang sebaiknya hentikan kendaraan dan kembali melakukan stretching untuk menyegarkan kembali tubuh Anda.

- Jika rasa kantuk tak bisa diajak kompromi, sebaiknya jangan memaksakan diri meneruskan
perjalanan. Tidur nyenyak beberapa menit adalah langkah bijaksana ketimbang memaksakan diri yang akibatnya mengancam keselamatan banyak orang.

- Jika terpaksa harus tidur, carilah tempat yang aman jauh dari arus lalu-lintas. Selain lebih
tenang, hal itu juga mengurangi resiko yang tidak diinginkan akibat pengemudi yang lengah akibat
ngantuk dan lain sebagainya.

- Hindari minuman bersoda dan berkafein yang justru membuat Anda sulit tidur dan gelisah. Minuman jenis itu justru akan membuat Anda merasa makin letih saat pengaruh kafein mulai hilang.

- Banyak minum air putih sangat dianjurkan untuk menghindari dehidrasi. Air putih sangat dianjurkan karena mampu memberikan kesegaran secara alamiah.

- Hindari makan makanan berminyak saat mengemudi yang membuat tangan Anda licin.

- Bukalah jendela kaca lebar-lebar tiap satu jam perjalanan untuk memberikan kesempatan udara di dalam kabin bersirkulasi dan mendapatkan udara segar dari luar. Pasalnya tubuh kita memproduksi gas CO2 lewat proses repirasi/pernafasan. Apalagi jika penumpang penuh sesak. Kandungan Gas CO2 dalam udara membuat tubuh letih dan cepat ngantuk.

- Kenakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat agar kegiatan mengemudi menjadi lebih santai.

- Terapkan cara mengemudi bertanggung jawab dan jangan terprovokasi oleh ulah pengemudi lain. Boleh saja Anda menjalankan kendaraan secepat mungkin agar cepat sampai tujuan namun tetap dalam kondisi terukur.

- Manfaatkanlah posko-posko yang digelar oleh berbagai Agen Tunggal Pemegang Merek Kendaraan (ATPM) yang biasanya mudah ditemui di sepanjang jalur mudik. Posko-posko ini umumnya menyediakan berbagai fasilitas seperti minuman, makanan ringan, tempat istirahat, bengkel darurat dan info perjalanan mudik yang bisa diperoleh secara gratis.

Selamat mudik dan semoga aman sampai di tujuan. (Cdx)



0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search