BEKASI-JAKARTA. PT Excelcomindo Pratama (XL) menyusun strategi untuk bersaing dengan kompetitornya. Salah satu strategi yang dimiliki XL saat ini ialah meluncurkan layanan XL-Mall.
General Manager Sales XL Handono Warih menggambarkan layanan itu sebagai mal virtual (virtual mall) yang menawarkan berbagai aplikasi yang dapat diakses secara langsung oleh semua pegguna layanan Blackberry XL.
"Aplikasi ini kita kita bangun bersama pengembang (developer) PT Diantara Kode Digital (Better-B). Dengan adanya XL-Mall, pelanggan bisa mengunduh aplikasi, wallpaper, ringtone, info merchant yang menawarkan potongan harga, sampai tips-tips yang bermanfaat bagi pengguna Blackberry. Kami akan menyiarkan (broadcast) layanan XL-Mall ke seluruh pelanggan Blackberry XL pada minggu ini, bertepatan dengan pameran Indonesia Cellular Show (ICS) 2009," kata General Manager Postpaid & Blackberry XL Budi Harjono
Ia mengatakan pula bila layanan XL-Mall itu merupakan mal virtual kedua yang ada di dunia. Operator pertama yang menyediakan layanan sejenis itu ialah AT&T Inc yang bermarkas di Amerika Serikat.
Sama seperti mal virtual yang disediakan AT&T, aplikasi-aplikasi yang ditawarkan XL lewat layanan XL-Mall dirancang agar mudah digunakan. Aplikasi ada yang dikenai biaya, ada pula yang tidak. Aplikasi-aplikasi yang berbayar seperti aplikasi Kamus Bahasa Inggris-Indonesia dan wallpaper, tarif berkisar dari Rp5 ribu sampai Rp10 ribu.
Sedangkan untuk info potongan harga, tidak dikenai biaya. Merchants yang telah bekerja sama dengan XL untuk memberikan potongan harga, antara lain, Poke Sushi, Dragon Fly, dan Kafe Pisa. Untuk mendapatkan potongan harga, pelanggan cukup menunjukkan info yang terdapat pada layar Blackberry mereka kepada merchant yang bersangkungan.
0 comments:
Post a Comment