Custom Search

Aston Martin Kembangkan Mobil Mini Berbasis Toyota iQ

The image “http://www.kompas.com/data/photo/2009/06/30/1646252p.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.

BEKASI-JAKARTA. Aston Martin, produsen mobil mewah dari Inggris, saat ini mengembangkan konsep mobil mini atau mobil kota mewah yang diberi nama Cygnet. Mobil ini dikembangkan dari basis Toyota iQ yang diluncurkan di Eropa, September tahun lalu.

Menurut Aston Martin dalam rilisnya, Cygnet dikembangkan bagi mereka yang membutuhkan solusi cerdik dan eksklusif untuk “menaklukkan” perjalanan dalam kota yang makin macet.

Kendati demikian, penampilan Cygnet berbeda dengan iQ seperti yang diperlihatkan pada foto, ketika para perancang Aston Martin menyelesaikan sentuhan akhirnya. Interiornya juga berbeda. Menurut Aston Martin, Cygnet tampil lebih gaya dan mewah.

Sementara itu, Toyota Motor Corporation, Jepang, mengatakan, kerja sama mereka dengan Aston Martin ini dilakukan melalui Toyota Eropa NV/SA yang berpusat di Belgia. Ini merupakan kerja sama TMC dengan perusahaan mobil lainnya sejak dipimpin oleh Akio Toyoda, mulai Juni ini.

Tujuan Aston Martin bermitra dengan Toyota adalah mengembangkan Cygnet agar tak repot bekerja dari awal lagi. Di samping itu, hal ini juga dimanfaatkan untuk mengantisipasi regulasi Eropa 2012 tentang konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang semakin ketat.

Menurut Dr Ulrich Bez, Chief Executive Aston Martin, saat ini merupakan waktu yang tepat bagi perusahaannya dalam melakukan terobosan, yaitu membuat proyek khusus dengan memanfaatkan status dan kemampuan Toyota.

Bagi Toyota, kerja sama ini akan menaikkan citranya. Maklum, yang menggunakan adalah produsen mobil mewah. Satu lagi, Aston Martin selama ini dikenal sebagai pemasok mobil untuk film James Bond.

Ditambahkan pula, Cygnet bukan untuk mengakhiri proyek Aston Martin yang kurang berhasil, seperti DB9 dan DBS. “Dengan adanya mobil mini mewah, Aston Martin bisa membuat akses pasar yang baru. Kombinasinya dengan DBS, DB9, atau Vantage jadi unik dan berlawanan,” beber Ulrich.

Faktor lain yang menyebabkan Aston Martin memilih Toyota iQ adalah mobil mini ini berhasil memperoleh nilai bintang lima untuk tes tabrakan EuroNCAP. Di samping itu, Toyota iQ juga ramah terhadap lingkungan.

Jejak Mercedes-Benz
Dengan terjunnya Aston Martin ke mobil kecil, pengamat menilai, produsen mobil mewah ini mengikuti jejak seperti yang dilakukan Mecedes-Benz pada awal 1990, yaitu proyek Smart. Waktu itu, Mercedes-Benz bekerja sama dengan pembuat jam Swiss terkenal, Smart.

Gambar memperlihatkan para perancang Aston Martin, di markas besarnya, Gaydon, menyelesaikan bentuk akhir Cygnet. Kendati saat ini masih konsep, lampu hijau untuk memproduksinya adalah sebelum akhir tahun ini.

“Kendati masih banyak yang harus dilakukan, saya yakin proyek ini akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat,” ungkap Ulrich Bez.

Panjang mobil mini tiga meter, menggunakan mesin tiga silinder. Khusus Cygnet, interiornya dibuat lebih mewah, seperti yang ditemukan pada model-model Aston Martin lainnya.

Problem utama yang dihadapi produsen mobil mewah pada 2012 adalah memenuhi target emisi CO2 rata-rata 120 g/km. Diperkirakan, produsen mobil dengan volume kecil, seperti Aston Martin, Ferrari dan Lamborghini—selama ini mengandalkan tenaga besar—diperkirakan akan menghadapi masalah. Kalau Ferrari mendapat dukungan dari Fiat, dan Lamborghini oleh VW, Aston Martin justru menghadapinya sendirian.

Beli Bersyarat
Tidak semua orang bisa membeli Cygnet meski harganya dibuat terjangkau oleh Aston Martin. Calon pembeli Cygnet harus sudah punya Aston Martin lain.

Berdasarkan hasil survei produsen mobil asal Inggris tersebut, 30 persen dari konsumennya punya mobil kecil, yaitu Mini dan Smat ForTwo, di garasi mereka. Mobil mini digunakan saat melakukan perjalanan sendirian di dalam kota. Selain gampang selap-selip, mobil ini juga mudah diparkir.

Sementara itu, Toyota juga makin gencar memasarkan iQ, termasuk versi “custom”. Pada November mendatang, melalu dealer mereka, Netz, di Jepang, akan diluncurkan iQ edisi terbatas kreasi GAZOO Racing dengan sentuhan sporty.

Untuk ini, suspensi iQ dipermak untuk memperoleh karakteristik khusus dengan standar lebih tinggi. Juga akan diluncurkan versi lain yang dibuat khusus untuk wanita dan anak muda.

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search