Custom Search

Mayoritas Fraksi di DPR Sepakati Jumlah Komisi ada 11

BEKASI-JAKARTA

Mantan Ketua Fraksi PPP yang sekarang menjabat menjadi Wakil Ketua MPR, Lukman Hakim Saifuddin, mengungkapkan bahwa mayoritas fraksi sepakat jumlah komisi DPR tetap 11. Lukman menilai 11 komisi sudah cukup untuk menjalankan fungsi legislasi DPR.

"Sebagian besar fraksi menghendaki tetap pada 11 karena dianggap sudah proporsional membidangi. Kalau PPP mendukung jumlah komisi tetap 11 komisi," ujar Lukman saat dijumpai wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (5/10/2009).

Menurut Lukman apa yang disampaikan pansus tatib DPR terkait jumlah komisi agar 15 adalah bentuk rekomendasi saja. DPR tentu lebih memahami yang dibutuhkan untuk bekerja lima tahun kedepan.

"Lima belas itu adalah rekomendasi dari DPR yang lalu yang mengusung tata tertib lalu merekomendasikan jumlah komisi ditambah. Namun demikian keputusan ada di DPR," kata Lukman.

Terlebih menurut Lukman, penambahan komisi akan membuat fraksi dengan jumlah anggota sedikit tidak bisa terwakili.

"Penambahan tidak sesederhana sudah pasti masalah fraksi tidak sedikit, makin banyak malah makin banyak masalah," kata Lukman.

Minggu depan, menurut Lukman, akan dicapai kesepakatan tentang jumlah komisi. Pelaksanaan rapat kemungkinan tanggal 9 Oktober atau 10 Oktober 2009.

"Akan ada rapat pimpinan fraksi membahas soal jumlah komisi," tegasnya.-DETIKnews.

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search