Custom Search

17.500 Polisi Amankan Pelantikan Presiden

BEKASI-JAKARTA

http://www.detiknews.com/images/content/2009/10/19/10/dpr.jpg

Sedikitnya 17.500 personel di terjunkan untuk mengamankan proses pelantikan presiden dan wakil presiden, Selasa (20/10) besok. Penjagaan di ring 3 gedung DPR akan diperketat.

"Tidak hanya di ring 3 yang dijaga, di semua tempat, termasuk objek vital juga dijaga karena ini (pelantikan) merupakan puncak pesta demokrasi. Ini merupakan hal yang harus didukung oleh segala pemangku kepentingan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Chryshnanda Dwilaksana saat dihubungi wartawan, Selasa (19/10/2009).

Personel yang dilibatkan terdiri dari 1.510 personel Mabes Polri, 7.085 personel Satgas Polda Metro dan sekitar 8.915 lebih personel Satgas Polres. Ring 3 merupakan wilayah terluar gedung DPR seperti pintu masuk, pintu keluar dan gerbang utama.

Selain itu, pengamanan juga melibatkan 300 personel Paspampres dan 500 personel unsur TNI. Paspampres dan TNI disiagakan di area ring 1 yakni kawasan dalam gedung DPR.

Satuan yang dilibatkan dalam pengamanan pelantikan ini adalah Satgas Densus Anti Teror 88, Sniper, Satuan Samapta, Satuan Brimob, Satuan Intelkam, Satuan Resesre. Pengamanan di ring 3 diperketat karena dianggap paling rawan akan demonstrasi.

Kendaraan taktis seperti artileri dan water cannon disiagakan di sekitar gedung DPR/MPR serta luar gedung dan area ring 3.

Menurut Chryshnanda, pengamanan ekstra ketat itu dilakukan demi menjaga keamanan selama pelantikan bagi para tamu undangan. "Juga menjamin keselamatan tamu negara sahabat seperti Australia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Timor Leste serta utusan khusus seperti Korea Selatan dan New Zealand," pungkas Chryshnanda•detik.com

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search