Custom Search

Lampung Kirim Rp200 Juta dan Beras ke Sumbar

BEKASI-JAKARTA

Pemerintah Daerah Provinsi Lampung dan jajarannya telah menghimpun bantuan berupa uang sebesar Rp200 juta dan beras sebanyak 10 ton untuk dikirim Sumatera Barat untuk membantu para korban gempa bumi di provinsi itu.

http://d.yimg.com/hb/xp/antr/20091003/12/3140723823-lampung-kirim-rp200-juta-dan-beras-ke-sumbar.jpg?x=360&y=236&sig=.PP5YY.vsRdAWUJEsGBOcw--

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemda Provinsi Lampung Sutoto, di Bandarlampung, Sabtu, mengatakan, bantuan sebanyak itu dilepas keberangkatannya oleh Wakil Gubernur (Wagub) Lampung MS Joko Umar Said, pada hari yang sama.

Sutoto menjelaskan, penglepasan rombongan tim bantuan korban gempa Sumbar itu dilakukan di halaman kantor Gubernur Lampung.

Selain menghimpun bantuan dan segera meyalurkannya ke lokasi gempa di provinsi tetangga, Lampung juga telah membentuk tim yang dipimpin langsung Gubernur Sjachroedin ZP dan Wagub Joko Umar Said. Keduanya juga akan bertolak langsung ke lokasi gempa di Sumbar.

Sementara itu, bantuan dalam bentuk lain, baik berupa bahan makanan, pakaian, obat-obatan, personil, tim medis, serta relawan dari intansi terkait dan instansi teknis juga telah lebih dahulu bertolak ke lokasi gempa, Sumbar.

Instansi teknis terkait itu mulai dari PLN, Telkom, partai politik, kesehatan, rumah sakit, dan Palang Merah Indonesia (PMI), setelah melakukan koordinasi dengan atasan pada unit kerja masing-masing.

Sementara itu, upaya menghimpun bantuan dan menyalurkannya ke lokoasi gempa bumi berkekuatan 7,6 pada scala richter yang melanda Sumbar pada 30 September, juga terus dilakukan oleh lapisan masyarakat di seluruh Lampung.

Sejak peristiwa itu berlangsung, kalangan umat Islam selain melalukan doa bersama, pembacaan surat Yasin bersama, dan shalat ghoib, juga terus menghimpun bantuan melalui pemeritah daerah, organisasi sosial, badan, dan lainnya.

Hal serupa juga dilakukan oleh kalangan partai politik, serta mahasiswa, dan pelajar pada sekolah-sekolah serta perguruan tinggi.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek, telah memberangkatkan tim kesehatan mereka untuk membantu korban gempa di Sumatra Barat itu.

Ketua Tim Siaga Bencana Dinas Kesehatan Pemprov Lampung bersama Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek Ady Arianto menyebutkan, timnya merupakan tim relawan dari instansi Pemerintah Provinsi Lampung pertama yang diterjunkan ke lokasi bencana.(ANTARA)

0 comments:

Post a Comment

 
Custom Search